Gubernur Anies: Jakarta akan Jadi Tuan Rumah Balapan Formula E

FIN.CO.ID, Jakarta– Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan, Ibu Kota Jakarta akan menjadi tuan rumah balapan  mobil Formula E pada tahun 2020 nanti.

“Jakarta akan menjadi salah satu tuan rumah balap mobil bergengsi Formula E di pertengahan tahun 2020 nanti,” kata Anies via akun sosial medianya, Minggu (14/7).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu mengatakan, kesepakatan itu telah melalui negosiasi yang panjang dengan lembaga pengelola Formula E.

“Bahwa Jakarta lebih dari layak menjadi salah satu tuan rumah balap mobil kelas dunia ini,” imbuh Anies.

Anies menjelaskan, Formula E adalah turnamen balapan terpopuler kedua setelah Formula 1. Bedanya dengan Formula 1, Formula E menggunakan mesin bertenaga listrik sehingga bebas emisi, dan diadakan di jalan raya yang diubah jadi sirkuit sementara.

Dikatakan, Tim dari Formula E, sudah datang khusus untuk melakukan uji lapangan di Jakarta pada 8-9 Juli lalu.

“Karena Jakarta berkompetisi dengan kota-kota besar dunia lainnya, maka semua dikerjakan dengan rapi, teliti, tertib dan tak banyak bicara. Jadwal dan rute perjalanan ditata dengan baik. Semua bahan telah disiapkan.” Katanya.

Gunernut Anies mengatakan, negosiasi berjalan pada 13 Juli kemarin di New York. Diantaranya ada Alexandro Agag dan Alberto Longo, para pemimpin tertinggi yang juga legenda di dunia balap mobil.

“Di ujungnya kita bersepakat, Jakarta lebih dari layak dipilih menjadi tuan rumah.” Ujar Anies.

Anies mengklaim, manfaat lain dari dipilihnya Jakarta sebagai tuan rumah, adalah mendongkrak perekonomian di Ibu Kota hingga 78 persen.

“Menurut preliminary study, satu agenda balapan di Jakarta ini akan menggerakkan perekonomian Ibukota hingga lebih dari 78 juta Euro, atau Rp 1,2 triliun. Ini adalah kesempatan bagi kesejahteraan, lapangan usaha dan lapangan kerja bagi warga Jakarta pada khususnya dan Indonesia pada umumnya. InsyaAllah!,” kata Anies. (dal/fin).