Tira Kudeta Bali United di Puncak Klasemen

FIN.CO.ID, BOGOR – Tim PS Tira Persikabo sukses menggeser Bali United di puncak klasemen sementara Liga 1 Indonesia 2019. Kepastian itu didapat usai tim berjuluk Laskar Padjajaran itu melewati laga pekan kedelapan Liga 1 2019 dengan hasil imbang.

Ya, dalam pertandingan yang berlangsung di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (12/07) kemarin, Tira-Kabo yang bertindak sebagai tuan rumah ditahan imbang 2-2 atas Madura United.

Tira-Kabo sempat unggul 2-0 lebih dulu berkat gol Andy Setyo (30′) dan Ciro Alves (48′). Sebelum akhirnya Madura United membalas lewat gol yang dicetak Aleksandar Rakic (67′) dan Jaimerson Xavier (90+1′).

Bermain di hadapan pendukungnya sendiri, Tira-Kabo mencoba tampil menekan lebih dulu. Bahkan, Osas Saha nyaris menyarangkan si kulit bundar ke gawang Madura United di awal-awal babak pertama itu.

Tak mau kalah, Madura United juga kerap melancarakan serangan ke jantung pertahaan Tira-Kabo. Sesekali ia sempat mengancam gawan Tira-Kabo yang dikawal Angga Saputra.

Jual beli serangan terus tersaji, hingga akhir di menit ke-30, Tira-Kabo unggul lebih dulu lewat gol yang dicetak Andy Setyo. Berawal dari umpan tendangan bebas Wawan Febrianto, pemain Timnas Indonesia U-23 berhasil memanfaatkan dengan sebuah gol.

Terrtinggal satu gol tak membuat Madura United patah arang, sebelum babak pertama berakhir, beberapa kali tim berjuluk Laskar Sapeh Kerrab itu menciptakan peluang yang nyaris menyamakan kedudukan. Namun, hingga babak pertama berakhir, skor 1-0 untuk keunggulan tuan rumah bertahan.

Tiga menit babak kedua berjalan, Ciro Alves membuat isi stadion Pakansari bergemuruh. Ya, pemain asing itu berhasil mencetak gol kedua bagi Tira Kabo usai menerima umpan dari Louis Parfait.

Madura United yang tertinggal dua gol semakin gencar untuk melakukan serangan. Alhasil, di menit ke-67 Aleksandar Rakic berhasil memperkecil kedudukan menjadi 1-2.

Sikap pantang menyerah Madura United akhirnya terbayar ketika laga memasuki menit ke-90+1, dimana Jaimerson Xavier berhasil menyamakan kedudukan menjadi 2-2 lewat tandukkannya usai menerima umpan tendangan bebas Engelberd Sani. Hasil imbang 2-2 ini pun bertahan hingga laga berakhir.

Meski demikian hasil imbang itu tetap mengantarkan Tira-Kabo ke posisi puncak klasemen sementara Liga 1 Indonesia 2019 dengan raihan 16 poin dari delapan laga. Selain itu hasil ini juga tetap menjaga tren posisif Tira-Kabo yang belum peranh kalah sejak kompetisi kasta tertinggi ini bergulir.

Sedangkan Madura United masih bertahan di posisi ketiga dengan koleksi 14 poin dari enam laga. Sama halnya dengan Tira-Kabo, Madura United juga mempertahankan tren posisitif sebagai salah satu tim yang belum terkalahakan.

Namun, disisi lain, pelatih Tira-Kabo, Rahmad Darmawan kecewa dengan gol kedua Madura United yang tercipta di akhir-akhir pertandingan.

“Alhamdulillah pertandingan ini berjalan dengan baik, dan pemain tidak ada yang cedera. Kekecewaan tentu ada, karena kita kebobolan gol kedua di menit akhir,” ungkap pelatih yang akrab disapa RD tersebut usai pertandingan.

Namun RD tetap mengapresiasi perjuangan anak asuhnya yang sudah berjuang dan menujukkan penampilan yang maksimal. Tak lupa, mantan pelatih Mitra Kukar itu juga mengucapkan rasa terima kasihnya kepada pendukung Tira-Kabo, Kabo Mania yang hadir memenuhi stadion.

“Terima kasih kepada para pemain yang sudah memberikan daya juang yang tinggi hingga akhir. Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, tidak akan mudah menghadapi Madura United yang memiliki kualitas pemain yang melimpah,” tuturnya.

“Saya juga ingin mengucapkan terima kasih kepada Kabomania dan UPCS dan kawan-kawan yang telah hadir untuk menambah mental para pemain,” sambungnya.

Sementara itu, pelatih Madura United, Dejan Antonic mengaku puas dengan hasil pertandingan tersebut lantaran timnya masih bisa melanjutkan tren positif tanpa kekalahan sejak awal Liga 1 dan meraih satu poin dari markas lawan.

“Satu pertadngan yang cukup bagus, saya senang dengan semangat para pemain yang sudah tertinggal dua gol namun masih tetap semangat, hingga kita bisa menyamakan kedudukan dan mencuri poin, seklaigus kita tetap berada di tren posisitf,” tuturnya.

Susunan Pemain:

Tira Persikabo: Angga Saputra; Khurshed Beknazarov, Abduh Lestaluhu, Rifad Marasabessy, Andy Setyo, Louise Parfait, Manahati Lestusen, Wawan Febrianto, Loris Arnaud, Ciro Alves (Guntur Triaji 70′), Osas Saha.

Pelatih: Rahmad Darmawan

Madura United: Muhammad Ridwan; Jaimerson, Fachruddin Aryanto, Andik Rendika Rama, Marckho Sandy Merauje (David Laly 59′), Asep Berlian, Zulfiandi, Alfaath Fathier, Greg Nwokolo (Engelberd Sani 78′), Alberto Goncalves (Slamet Nurcahyo 90+’), Aleksandar Rakic.

Pelatih: Dejan Antonic

(gie/fin/wsa)