Resmi, Griezman Berseragam Barcelona

Antoine Griezman. Foto: telegraph

FIN.CO.ID, BARCELONA – Drama transfer bomber Atletico Madrid Antoine Griezman ke Barcelona resmi berakhir. Barcelona secara resmi mengumumkan kepindahan sang pemain melalui akun resmi mereka Jumat (12/7) malam.

Barcelona lewat halaman resminya mengumumkan telah menebus buyout clause Antoine Griezmann dari Atletico Madrid seharga 120 juta Euro atau sekitar Rp 1,8 triliun. Ditebus dengan harga fantastis, Antoine Griezmann pun langsung diikat kontrak Barcelona selama lima musim atau hingga 30 Juni 2024.

Barcelona juga menyematkan buyout clause fantastis untuk pemain barunya itu hingga seharga 800 juta Euro atau Rp12,4 triliun.

Dengan bergabungnya Griezman, berarti sudah ada empat pemain baru yang bergabung di Barcelona. Sebelumnya, Blaugrana merekrut Frenkie de Jong, kiper Neto, dan bek asal Brasil Emerson.

“FC Barcelona sudah membayar 120 juta Euro klausul pelepasan untuk mendapatkan Antoine Griezmann dari Atletico Madrid. Sang pemain akan menandatangani kontrak dengan klub barunya untuk lima musim, hingga 30 Juni 2024, dengan klausul pelepasan 800 juta Euro,” demikian pernyataan resmi Barcelona.

Pemain internasional Prancis itu pindah ke klub ketiganya di La Liga, setelah menjalankan tugas di Real Sociedad dan Atletico Madrid. Sementara itu, ia juga menjadi bintang Prancis termahal kedua dalam sejarah sepak bola di belakang Kylian Mbappe.

Namun tak lama setelah pengumuman itu, Atletico Madrid merilis pernyataan resmi yang menegaskan niatan mereka untuk membawa kasus kepindahan Antoine Griezmann ke Barcelona ke jalur hukum.

Atletico menekankan kepada negosiasi dan kesepakatan yang dilaksanakan antara Griezmann dan Barcelona ketika klausul rilisnya masih ada di angka 200 juta Euro.

“Antoine Griezmann, diwakili oleh pengacaranya, mendatangi markas dari Liga de Futbol Profesional (LFP) untuk memutuskan kontrak yang mengikat sang pemain dengan Atletico Madrid, dengan Barcelona mendepositkan uang sejumlah 120 juta euro untuk menebus sang pemain,” bunyi pernyataan yang dirilis Atletico.

Atletico Madrid meyakini bahwa uang tersebut didepositkan untuk menebus pemutuskan klausul kontrak tidaklah cukup. Sebab, bagi mereka, kesepakatan yang dicapai antara sang pemain dengan Barcelona telah dicapai sebelum klausul rilis menurun dari 200 menjadi 120 juta Euro. Itu juga dilaksanakan pada tanggal ketika sang pemain belum mengumumkan untuk meninggalkan klub pada 14 Mei lalu.

“Atletico Madrid meyakini bahwa pemutusan kontrak yang terjadi sebelum musim lalu berakhir karena kejadian, tindakan dan demonstrasi yang ditunjukkan oleh sang pemain dan itulah sebabnya kami mulai mencari cara untuk membawa ini ke mata hukum untuk membela hak dan kepentingan kami,” tutup pernyataan Atletico.

(wsa/fin)