Piala Afrika: Hancurkan Mimpi Madagaskar, Tunisia Jumpa Senegal

FIN.CO.ID, KAIRO – Kejutan Madagaskar di Piala Afrika berakhir di babak perempat final. Menghadapi Tunisia di stadion Al Salam, Kairo, Mesir, Jumat (12/7/2019) dini hari WIB, Madagaskar menyerah dengan skor 0-3.

Tiga gol Tunisia dilesakkan oleh tiga pemain yang berbeda. Mereka adalah gelandang Ferjani Sassi, kapten Youssef Msakni, dan pemain pengganti Naim Sliti.

Dilansir laman resmi turnamen, kemenangan itu mengantarkan Tunisia ke babak semifinal pertama kali, setelah menjuarai Piala Afrika 2004. Tunisia akan menghadapi Senegal yang sudah lebih dulu meloloskan diri dengan menundukkan Benin 1-0.

Madagaskar berusaha memupuk mimpi dan lebih dulu melepaskan tembakan tepat sasaran pertama di laga itu lewat sepakan jarak jauh Faneva Ima Andriatsima, namun bola masih bisa diamankan kiper Melvin Adrien pada menit ke-21.

Kedua tim kesulitan menembus pertahanan lawan masing-masing dan babak pertama yang berakhir imbang tanpa gol dan lebih banyak diwarnai tendangan spekulasi.

Memasuki babak kedua, Tunisia langsung menggebrak dan Khazri sukses menyarangkan bola ke gawang Madagaskar, namun golnya dianulir wasit Neant Alioum setelah ia dinilai terlebih dulu berada dalam posisi offside ketika Yassine Meriah melepaskan umpan.

Namun, pada menit ke-52 Tunisia betul-betul membuka keunggulan ketika tembakan jarak jauh Sassi bersarang ke sudut kiri bawah gawang tak terjangkau Adrien.

Gol itu seolah mendongkrak performa Tunisia yang hanya butuh delapan menit untuk menggandakan keunggulan. Kali ini lewat Msakni yang berhasil menyambar bola muntah hasil tembakan Khazri yang tak dihentikan sempurna oleh Adrien.

Keunggulan dua gol membuat pelatih Tunisia Alain Giresse cukup percaya diri menarik keluar Msakni digantikan Naim Sliti, sementara Madagaskar meresponnya dengan pergantian ganda, yakni Jeremy Morel untuk Pascal Razakanantenaina dan Paulin Voavy untuk Lalaina Nomenjanahary.

Namun, hal itu tak mampu mengubah banyak keadaan dan Tunisia malah hampir memperbesar lagi keunggulan pada menit ke-81, jika saja tembakan Oussama Haddadi tak mengarah tepat ke pelukan Adrien.

Madagaskar terus kesulitan menembus pertahanan lawannya dan ironisnya, pada menit ketiga masa injury time lewat sebuah serangan balik setelah mengantisipasi sepak pojok Khazri menyodorkan bola yang diselesaikan dengan mudah oleh Sliti untuk memastikan kemenangan Tunisia menjadi 3-0.

Pelatih Madagaskar Nicolas Dupuis yang kontraknya akan berakhir usai Piala Afrika mengakui Tunisia terlalu kuat. “Saya sangat bangga dengan semua pemain atas apa yang mereka lakukan sejak awal turnamen hingga saat ini,” kata Dupuis.

“Hari ini, lawan terlalu kuat bagi kami. Untuk masa depan saya, saya adalah orang yang loyal dan prioritas saya adalah bersama Madagaskar,” tegasnya.

Susunan pemain:

Madagaskar: Adrien, Mombris, Metanire, Fontaine, Andrianantenaina, Razakanantenaina, Nomenjanahary, Amada, Ilaimaharatra, Andriatsima, Andriamatsinoro.

Tunisia: Hassen, Haddadi, Meriah, Bronn, Sassi, Skhiri, Chalali, Kechrida, Msakni, Khazri, Khenissi.

(wsa/fin)