TKI Ditelantarkan Majikan di Bandara Jeddah

FIN.CO.ID, JEDDAH – Seorang tenaga kerja Indonesia (TKI) bernama Rubinah Widi Adam, mengaku telah ditelantarkan sang majikan di Bandara Jeddah. Perempuan yang mengidap kanker usus setelah enam bulan bekerja di Arab Saudi itu, akhirnya dipulangkan ke tanah air.

Menurut keterangan Konsul Teknis Tenaga Kerja Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Jeddah, Mochamad Yusuf, Rubinah mengatkan, Rubinah Widi Adam datang ke Saudi dengan visa kunjungan (ziarah) bukan pekerja.

“Dia mengaku ditelantarkan majikannya di Bandara Jeddah dengan alasan mau dipulangkan. Sayangnya, dia tidak mengetahui identitas dan alamat majikannya,” kata Yusuf melalui keterangan resminya, Kamis (11/7).

Yusuf menjelaskan, Rubinah sempat meminta sang majikan untuk dipulangkan karena alasan sakit. Namun, perempuan asal Semarang, Jawa Tengah, itu justru ditelantarkan di Bandara Jeddah.

“Kami sempat membawa Rubinah ke klinik terdekat untuk mendapatkan pengobatan dan ternyata divonis mengidap kanker usus,” ujarnya.

Perempuan berusia 36 tahun itu lalu dibawa KJRI Jeddah ke Rumah Sakit Umum King Farhad untuk menjalani operasi pengangkatan kanker. Setelah 10 hari menjalani rawat inap, Rubinah lalu dibawa ke penampungan di KJRI.

“Sambil mengurus final exit bagi Rubinah, Tim Pelayanan dan Pelindungan KJRI Jeddah melakukan pendekatan kepada pihak rumah sakit untuk mendapatkan keringanan biaya pengobatan,” pungkasnya.

(der/fin)