Kaitan antara Konsumsi Kopi dengan Diabetes

Pixabay

FIN.CO.ID – Mengkonsumsi kopi bagi mereka penderita darah tinggi memang tidak dianjurkan. Terlalu banyak mengkonsumsi kafein yang dikandung kopi, berkontribusi pada peningkatan tekanan darah penderita. 

Namun bagi mereka yang tidak dengan kondisi ini, konsumsi kopi sepertinya memberikan dampak positif, dalam menurunkan risiko seseorang terkena diabetes tipe 2. 

Berdasarkan studi yang dilakukan Harvard School of Public, seperti dilansir Medical News Today, kebiasaan meminum kopi ternyata memberikan manfaat seperti disebutkan di atas. 

Bagi mereka yang mengkonsumsinya lebih dari satu cangkir per hari, dalam kurun empat tahun, diketahui mampu memangkas risiko mereka akan penyakit gula, hingga 11 persen. 

Dan di sisi lain, mereka yang tidak gemar mengkonsumsi minuman paling populer di dunia ini, punya 17 persen risiko, terkena diabetes dikemudian hari. 

Dari lebih 1 juta partisipan yang terlibat dalam studi yang berjalan dalam jangka panjang itu, 45 ribu orang di antaranya adalah penderita diabetes. Baik kopi berkafein atau tanpa kafein, diketahui memberikan khasiat yang sama.(ruf/fin)