Bokek, Barcelona Urung Rekrut Neymar dan Griezman

Neymar dan Antoine Griezman. Foto: espn

FIN.CO.ID, BARCELONA – Pergerakan Neymar dan Antoine Griezman ke Barcelona seolah menemui tembok terjal. Sejauh ini, transfer kedua pemain itu masih belum ada kejelasan dari raksasa Spanyol.

Sejumlah media di Spanyol curiga, mandegnya transfer kedua pemain itu lantaran Barcelona tidak memiliki dukungan finansial. Pasalnya, harga kedua pemain tersebut sudah pasti berada di atas rata-rata.

Memang, beberapa pekan terakhir, Barcelona disebut terus mencari cara mendatangkan Neymar dan Griezmann sekaligus. Juara La Liga ini sebenarnya mendekati Griezmann terlebih dahulu, sementara Neymar masih belum lama.

Soal Griezman, awalnya Barcelona bersedia membayar klausul rilis Griezmann sebesar 120 juta Euro. Kemudian, Barcelona mencari cara memenuhi harga jual PSG untuk Neymar sebesar 300 juta Euro. Dengan harga selangit inilah, masalah itu kemudian timbul.

Dilansir AS, usai gagal menjuarai Liga Champions tahun ini, keuangan Barcelona sedang tidak terlalu baik. Kabarnya pegawai Barca merima gaji bulan Juni lalu tiga hari terlambat dari jadwal seharusnya. Karena itu, Barca masih mencari cara mendapatkan uang untuk transfer Griezmann.

Menurut aturan La Liga, klausul rilis harus dibayar tunai dengan satu kali pembayaran. Karena itulah transfer Griezmann tak kunjung tuntas, sebab Barca sedang berusaha merayu Atletico untuk melepas Griezmann lewat negosiasi.

Hal yang sama diungkapkan analis sepak bola Prancis Pierre Menes. Dia secara blak-blakan meragukan niat Barca mendatangkan dua pemain top itu. Keuangan Barca baru saja terkuras setelah mengeluarkan uang sebesar 75 juta Euro untuk Frenkie de Jong. Sementara usaha transfer Griezmann dan Neymar mencapai 400 juta Euro.

“Saya kira Barcelona tidak serius dalam pendekatan ini. (Membeli) Griezmann dan Neymar setelah Frenkie de Jong – itu mustahil,” tegas Menes di LEquipe.

Sebenarnya ada cara yang bisa ditempuh Barca, yaitu dengan menawarkan beberapa pemain Barcelona kepada Paris Ssaint Germain (PSG) agar mau menurunkan harga jual Neymar. Sejarah mengatakan, klub-klub besar Eropa lazim menempuh jalan ini.

Philippe Coutinho dan Ousmane Dembele merupakan dua pemain yang disebut bisa dilepas Barca. Dua pemain itu juga masih punya potensi menjanjikan, yang mungkin bisa membuat hati PSG meleleh.

Terkait Griezman, di akhir musim 2018/2019 lalu, Atletico Madrid mengonfirmasi bahwa mereka telah berpisah dengan Antoine Griezmann. Striker timnas Prancis itu memutuskan tidak melanjutkan kontraknya di Wanda Metropolitano, markas Atletico Madrid musim depan.

Sejumlah media mengklaim, transfer Griezmann seharusnya kelar di awal Juli ini. Namun hingga saat ini, belum ada tanda-tanda Barcelona akan memperkenalkan sang striker sebagai rekrutan mereka di musim panas ini.

Ada penyebab mengapa transfer Griezmann tersendat. Hal itu dikarenakan Barcelona kesulitan membayar mahar transfer sang pemain. Barcelona sejatinya sudah menyepakati mahar transfer sang pemain. Mereka bersedia membayar 120 juta Euro untuk striker 28 tahun tersebut.

Namun masalahnya adalah Atletico Madrid meminta pembayaran tunai untuk sang striker. Sementara Barcelona meminta pembayaran Griezmann ini bisa dicicil dalam beberapa termin.

Hingga saat ini kedua belah pihak masih belum menemukan kata sepakat untuk proses pembayaran ini, sehingga transfer Griezmann urung diresmikan. Dan, Barcelona diberitakan mencoba untuk memenuhi permintaan Atletico Madrid untuk membayar Griezmann dalam satu kali pembayaran.

Untuk itu mereka mulai mencari tambahan dana di bursa transfer kali ini. Mereka berencana untuk menjual beberapa pemain untuk mendanai transfer Griezman. Ada beberapa nama yang dirumorkan akan dijual oleh Barca seperti Ousmane Dembele, Philippe Coutinho dan Samuel Umtiti yang akan dilego musim panas ini.

(wsa/fin)