Ratna Sarumpaet Divonis 2 Tahun Penjara

Terdakwa kasus berita bohong/ Hoax Ratna Sarumpaet didampingi putrinya Atikah Hasiholan menjalani sidang lanjutan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (14/5/2019). Dalam agenda sidang dilakukan pemeriksaan untuk meminta keterangan dari terdakwa untuk dicocokan dengan keterangan dari para saksi sebelumnya, yang berkaitan dengan unsur-unsur pasal dakwaan. Dalam kasus ini Ratna didakwa dengan Pasal 14 ayat (1) Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang Hukum Pidana karena dianggap telah menyebarkan berita bohong untuk membuat keonaran.Foto : Iwan tri wahyudi/ FAJAR INDONESIA NETWORK.

FIN.CO.ID, Jakarta– Majelis Hakim Pengadian Negeri  (PN) Jakarta Selatan, menjatuhkan hukuman 2 tahun penjara terhadap Ratna Sarumpaet atas kasus berita bohong alias hoaks yang dilakukannya.

Hakim menilai, Ratna terbukti bersalah menyebar berita bohong alias hoaks sesuai pasal 14 ayat (1) Undang Undang nomor 1 tahun 1947.

“Menyatakan terdakwa Ratna Sarumpaet telah terbukti secara sah bersalah menyebar pemberitaan bohong. Menjatuhkan terdakwa dengan pidana penjara selama dua tahun,” kata Majelis Hakim Joni saat membacakan vonis di pengadilan negeri Jakarta Selatan, Kamis (11/9).

Vonis ini lebih ringan dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) yang menuntut Ratna 6 Tahun Penjara. JPU menilai Ratna tidak memenuhi unsur Pasal 44 KUHP terkait penyakit kejiwaannya. Bahkan, permintaan maaf Ratna dinilai tidak dapat menghapus tindakan pidana.

Masa hukuman pidana Ratna  selama 2 tahun ini, nantinya akan dikurangi masa tahanannya selama dia menjalani proses hukum. (dal/fin).