Selasa , 16 Juli ,2019
Breaking News

Harga Cabai Dipastikan Stabil Agustus 2019

FIN.CO.ID, CIREBON – Kenaikan harga cabai sejak tiga bulan lalu membuat masyarakat resah. Kementerian Perdagangan (Kemendag) memastikan harga cabai akan kembali stabil pada bulan Agustus 2019.

Kenaikan harga cabai disebabkan penurunan produksi. Hal itu karena telah masuk musim kemarau. Ditambah dengan demand atau permintaan selalu tinggi.

“Sebelum Lebaran itu produksi cabai mulai mengalami penurunan. Sampai memasuki lebaran terus menurun, dan cukup signifikan,” ujar Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri, Tjahya Widayanti di Cirebon, Jawa Barat, kemarin (10/9).

Tjahja meyakini produksi padi akan stabil pada bulan Agustus 2019 mendatang. “Cabai mulai panen di bulan Agustus atau September nanti. Jadi produksi kembali normal di bulan itu,” kata dia.

Lanjut dia, penurunan pasokan cabai secara signifikan terjadi di Pasar Kramat Jati, Jakarta Timur. Jika normal pasokan cabai di Pasar Kramata Jati sekitar 100 ton per hari, tetapi di kondisi saat ini turun menjadi 90 ton per hari.

Menurut komoditas cabai harus membutuhkan penanganan yang ekstra, karena harus memiliki stok yang cukup agar harga tetap stabil.

“Harus ada cool atmosfer storage (cas), posisi stok cabai harus berimbang agar harga tetap baik. Masalahnya tidak semua sentra cabai punya cas,” ujar dia.

Adapun rata-rata harga cabai nasional saat ini mencapai Rp55 ribu per kilogram. Untuk harga cabai merah keriting dan besar mencapai Rp55 ribu per kilogram. Sedangkan harga cabai rawit mencapai Rp 52 ribu per kilogram.

Sebelumnya, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat inflasi bulan Juni 55 persen. Penyumbang inflasi terbesar adalah naiknya harga makanan selama Lebaran.

Penyumbang terbesar inflasi oleh harga cabai merah andil 1,20 persen. Kedua, disumbang ikan segar 0,05 persen. Selebihnya aneka sayuran, seperti tomat cabai hijau hampir rata, kecil 0,01 persen.

“Meski begitu, sejumlah bahan makanan juga tercatat mengalami deflasi. Contohnya bawang putih, dan daging ayam,” pungkas dia.

(din/fin)

About Redaksi FIN

Check Also

Harga Gas di Indonesia Paling Stabil

FIN.CO.ID, JAKARTA – Kementerian Energi dan Sumberdaya Mineral (ESDM) menyatakan harga gas di Indonesia terbilang ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com