Gempa Bermagnitudo 7,1 Guncang California

FIN.CO.ID, LOS ANGELES – Gempa bumi bermagnitudo 7,1 mengguncang California Selatan, Amerika Serikat, Sabtu (6/7/) pagi WIB, hingga menyebabkan kerusakan beberapa bangunan rumah dan sarana tranportasi.

Gempa terbaru ini masih terkait dengan guncangan bermagnitudo 6,4 pada 4 Juli 2019 dan yang terkuat sejak 1994 dengan kekuatan 6,6.

Gempa saat itu berpusat di daerah padat penduduk Los Angeles menewaskan 57 orang dan menyebabkan kerugian miliaran dolar AS.

Kerusakan paling banyak pada gempa terbaru ini terjadi di Kota Ridgecrest di tepi Taman Nasional Death Valley, berjarak 202 kilometer timur laut Los Angeles.

Departemen Pemadam Kebakaran San Bernadino melaporkan, gempa menyebabkan kerusakan pada beberapa bangunan dan memutus aliran gas.

“Rumah bergeser, fondasi retak, dan dinding penahan ambruk. Satu orang mengalami luka ringan dan petugas pemadam kebakaran sudah merawat pasien,” bunyi pernyataan departemen pemadam kebakaran di akun Twitter.

Selain itu, efek gempa juga merusak layanan kereta comuter Los Angeles, Metrolink, menghentikan operasional di kota berpenduduk 4 juta jiwa itu dengan alasan keamanan.

Rekaman video yang beredar di Twitter menunjukkan, kuatnya guncangan menyebabkan air kolam renang di perumahan Los Angeles bergejolak dan tumpah. Kamera televisi yang menyiarkan pertandingan baseball di Stadion Dodger bergetar saat merekam pertandingan.

Gempa bermagnitudo 6,4 pada Kamis menyebabkan beberapa orang luka ringan, seperti terkena pecahan kaca di supermarket, serta menyebabkan kebakaran pada beberapa rumah akibat pecahnya pipa gas.

(der/rts/fin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here