Tugas Selesai, 6.400 Anggota Brimob Kembali ke Daerah

HomeNasionalTugas Selesai, 6.400 Anggota Brimob Kembali ke Daerah

FIN.CO.ID, JAKARTA – Sebanyak 6.400 anggota Brimob Nusantara yang bertugas mengamankan ibu kota dalam rangka mengawal proses tahapan Pilpres 2019, kembali ke daerah. Tugas mereka di Jakarta dinyatakan sudah selesai.

Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo mengungkapkan, pasukan Brimob yang disiagakan di Ibu kota dalam rangka pengamanan Pilpres 2019 oleh KPU sudah kembali ke satuan masing-masing.

“Iya, per hari ini pasukan Brimob Nusantara yang ada di Jakarta secara bertahap telah kembali ke wilayahnya atau kesatuan masing-masing,” kata Dedi dihubungi Fajar Indonesia Network, Kamis (4/7).

Menurut Dedi, anggota Brimob yang ditugaskan ke Jakarta itu merupakan pasukan yang berasal dari berbagai wilayah. Total sebanyak 6.400 personel. Selain itu, ada dari personel Sabhara, sebanyak 1.800 personel.

“Proses pemulangan ribuan personel itu diatur oleh Mako Brimob, dan hari ini sudah ada beberapa ribu anggota yang kembali ke kesatuannya,” ujar perwira tinggi Polri berpangkat bintang satu itu.

Terkait kasus pemukulan seseorang warga yang dilakukan sejumlah oknum Brimob, Dedi menegaskan, kasus tersebut tetap berjalan. Dipastikan oknum Brimob tersebut akan mendapat sanksi. Untuk diketahui kasus tersebut terjadi di akhir aksi kerusuhan 21-22 Mei 2019, tepatnya pada 23 Mei 2019 pagi di Kampung Bali, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

“Jadi, semuanya sudah ditemukan pelaku pemukulannya, dan mereka pun sudah diperiksa juga di Propam. Dan untuk proses selanjutnya, akan diserahkan ke satuan Brimob yang ada di wilayahnya,” tegas Dedi.

“Dengan demikian, dari ribuan personel yang kembali ke kesatuannya, termasuk anggota Brimob yang melakukan pemukulan. Dan sampai di kesatuan itu, mereka akan menjalanip roses penindakan internal sesuai ketentuan yang berlaku, baik itu hukuman disiplin maupun ketentuan-ketentuan lain, bisa kode etik,” tambah Dedi.

Untuk diketahui, ribuan Brimob Nusantara ini dikirim ke Jakarta untuk mengamankan semua proses penetapan hasil Pilpres oleh KPU, mulai dari rapat pleno penetapan hasil Pilpres di KPU, pengamanan sidang MK, dan sampai penetapan presiden dan cawapres terpilih.

(Mhf/gw/fin)

Baca Juga

Berita Terbaru