Selasa , 16 Juli ,2019
Breaking News
Presiden Jokowi tiba di kediaman Amin Maruf di Jl. Situbondo Menteng, Jakarta, (27/6). sebelum berangkat ke Osaka Japan, Jokowi di dampingi Maruf Amin untuk keterangan pers di Bandara Halim Perdana Kusuma FOTO: Faisal R Syam /FAJAR INDONESIA NETWORK.

Sebaiknya Jokowi Jangan Buka Pintu Koalisi untuk Partai Oposisi

FIN.CO.ID, Jakarta-  Pasangan Jokowi-Amin, diharapkan agar tidak membuka pintu koalisi bagi partai  oposisi selam pemilihan presiden 2019. Demikan disampaikan pengamat politik Ray Rangkuti.

Dia menilai, oposisi jika menjadi koalisi, bisa merusak demokrasi. “Tradisi oposisi menjadi koalisi adalah tradisi yang tidak bagus dalam demokrasi ke depan,” kata Ray Rangkuti dalam diskusi yang diselenggarakan Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi), di Jakarta, Jumat (28/6).

Ray mengatakan upaya negosiasi terhadap oposisi menciderai prinsip check and balances ke depan. Dia menilai sebaiknya Jokowi tetap dengan koalisinya saat ini.

“Sebaiknya komposisi koalisi sejak awal dipertahankan. Mereka lah yang paling berhak mendapatkan kursi kekuasaan,” ujar Ray.

Dia juga mengimbau Jokowi membiarkan partai yang kalah tetap menjadi oposisi sementara partai pemenang dapat mengelola kekuasaan hingga lima tahun.

Sementara itu, di kesempatan lain, Prabowo telah mempersilahkan partai Koalisi Indonesia Adil Makmur untuk menentukan sikap politiknya terkait langkah ke depan.

“Pak Prabowo tadi menyampaikan ke saya dengan berakhir putusan MK maka koalisi sudah berakhir,” ujar Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (Zulhas)

Zulhas mengakatan, Prabowo Subianto mempersilahkan kepada Partai-partai koalisi untuk mengambil inisiatif sendiri pasca putusan Mahkama Konstitusi (MK) yang menolak semua gugatan pihak Prabowo-Sandi pada Kamis (27/6) malam.

“Silahkan partai-partai mengambil inisiatif sendiri,” kata Zulhas menirukan perkataan Prabowo.

Seperti diketahui, Mahkama Konstitusi menolak semua gugatan tim hukum Prabowo-Sandi. Keptusan MK ini,secara tidak langsung mengatakan pasangan Jokowi-Maruf sebagai pemenang pemilihan presiden 2019-2024. (dal/fin)

About Afdal

Check Also

PKS Pastikan Prabowo Tak Ucapkan Selamat ‘Kemenangan’ Ke Jokowi

FIN.CO.ID, Jakarta – Pertemuan Presiden terpilih Joko Widodo alias Jokowi dengan Ketua Umum Partai Gerindra, ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com