Selasa , 16 Juli ,2019
Breaking News

Sepuluh Nelayan Diduga Diculik Komplotan Abu Sayyaf

FIN.CO.ID, SABAH – Sedikitnya 10 nelayan di lepas pantai Kalimantan diculik dan disandera oleh sekelompok orang bersenjata, yang ditenggarai komploltan militan Abu Sayyaf. Mereka yang diculik, dilaporkan dibawa ke sebuah pulau di selatan Filipina.

Kelompok penyandera dilaporkan membawa senjata berat saat penculikan terjadi. Kelompok tersebut tiba-tiba mencegat dua kapal nelayan yang tengah berlayar di lepas pantai timur Sabah pada Selasa dini hari. Sepuluh nelayan diculik, sementara enam lainnya berhasil lolos dalam insiden itu.

Sementara itu, Kementerian Luar Negeri menyatakan tidak ada warga Indonesia di antara 10 nelayan yang diculik di lepas pantai Kalimantan, tepatnya perairan Lahad Datu, Sabah, Malaysia, Selasa (18/6).

Juru bicara Kemenlu, Arrmanatha Nasir, menuturkan 10 sandera yang diculik seluruhnya diyakini merupakan warga Filipina.

“Informasi yang kami terima, ada 12 nelayan di dalam kapal ikan tersebut. Dua nelayan berhasil lolos, 10 lainnya ditahan. Sepuluh nelayan itu diyakini warga negara Filipina, tidak ada WNI,” kata Arrmanatha di Jakarta, Rabu (19/6).

Dapat diketahui, Filipina bagian selatan merupakan basis dari banyak kelompok bersenjata, termasuk Abu Sayyaf, yang terkenal kerap menculik awak buah kapal dan orang asing untuk meminta tebusan.

Abu Sayyaf, yang telah menyatakan sumpah setia kepada kelompok teroris ISIS, juga pernah menculik puluhan anak buah kapal asal Indonesia dalam beberapa tahun terakhir.

Sejak 2016, sebanyak 36 WNI pernah disandera kelompok bersenjata tersebut. Seluruhnya sudah berhasil dibebaskan.

(der/fin)

About Redaksi FIN

Check Also

Pertumbuhan Ekonomi Cina Melambat 6,2 Persen

FIN.CO.ID, BEIJING – Akibat dampak perang dagang dengan Amerika Serikat (AS), pertumbuhan ekonomi Cina pada ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com