Cile 4 vs Jepang 0 : Start Mulus Juara Bertahan

FIN.CO.ID, SAO PAOLO – Juara bertahan Cile menjalani start sempurna di Copa America 2019. Melawan Jepang di Grup C di Stadion Ccero Pompeu de Toledo, Sao Paolo, Selasa (18/6) pagi WIB, Cile menang 4-0. Dengan hasil tersebut, Cile memuncaki klasemen sementara Grup C dengan 3 poin.

Sedangkan posisi kedua ditempati Uruguay yang pada pertandingan sebelumnya menundukkan Ekuador 3-0. Ekuador menghuni posisi ketiga, sedangkan Jepang sementara menjadi juru kunci.

Jepang berpartisipasi pada turnamen ini dengan status sebagai tim undangan. Satu tim undangan lainnya adalah timnas Qatar yang berstatus sebagai juara Asia.

Eduardo Vargas menjadi pahlawan bagi Cile dengan menyumbangkan dua gol. Sedangkan dua gol lainnya dilesakkan Erick Pulgar dan Alexis Sanchez. Senang rasanya bisa mencetak dua gol dalam pertandingan ini, kata Eduardo Vargas di Sky Sports.

Di laga melawanm Cile, wakil Asia itu yang memang tidak diunggulkan. Meski demikian, Jepang sempat memaksa Cile berduel ketat sepanjang babak pertama. Meski Cile mengontrol, tapi serangan yang dibangun tak juga berujung gol.

Cile baru bisa memecahkan kebuntuan pada menit ke-41 melalui Pulgar. Skor 1-0 ini bertahan hingga babak pertama berakhir. Pada babak kedua Cile bermain lebih impresif dan efektif. Baru sembilan menit babak kedua berjalan, Chile menggandakan keunggulan lewat Vargas.

Vargas kembali mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-83, atau berselang semenit setelah Alexis Sanchez membobol gawang Jepang. Skor 4-0 bertahan hingga peluit panjang dibunyikan.

Dengan dua gol tersebut,berarti Vargas berhasil memecahkan tiga rekor sekaligus. Rekor pertama yang dipecahkannya adalah rekor gol terbanyak untuk Cile di Copa America. Sebelumnya, Vargas sejajar dengan Enrique Hormazabal. Mereka berdua masing-masing memiliki 10 gol.

Sekarang, Vargas telah mencetak 12 gol untuk Cile di Copa America. Dia kini resmi menjaditop scorerCile di kompetisi ini.

Rekor kedua yang dipecahkannya adalah rekor sebagai pemain aktif dengan gol terbanyak di Copa America. Sebelumnya, Paolo Guerrero dari Peru masih tercatat sebagai pemain aktif dengan torehan gol terbanyak dalam sejarah Copa America. Dia mengantongi 11 gol atas namanya. Namun Vargas untuk sementara telah melewatinya dengan torehan 12 golnya.

Rekor yang ketiga adalah sebagai pencetak gol terbanyak ke-2 sepanjang sejarah tim nasional Cile. Dengan dua gol kontra Jepang, berarti Vargas telah mencetak total 38 gol dalam 84 penampilan untuk tim senior Cile. Dia pun menggusur Marcelo Salas yang sudah mengemas 37 gol dari posisi dua di daftartop scorersepanjang masa Cile.

Alexis Sanchez menyumbang satu gol ketiga Cile membungkam Jepang 4-0. Satu gol lainnya disumbangkan oleh Erick Pulgar. Alexis Sanchez sekarang telah mengemas 42 gol dalam 125 penampilan di pentas internasional.

Berikutnya, Cile akan menghadapi Ekuador pada 22 Juni mendatang. Sehari sebelumnya, Jepang akan menantang Uruguay.

(wsa/fin)