Berdarah Saat Seks, Waspadai 3 Kondisi Ini

FIN.CO.ID – Mengalami pendarahan saat bercinta terkadang memang tidak bisa dihindari. Siklus bulanan wanita, bermain terlalu kasar, penggunaan spiral dan obat pengencer darah, pertama kali berhubungan, hingga kehamilan, juga kerap dikaitkan dengan kondisi yang satu ini.

Namun tahukah Anda, tidak semua pendarahan yang terjadi saat seks, bisa dikaitkan dengan berapa hal di atas. Malahan pendarahan saat intercourse, bisa menandakan kondisi kesehatan yang serius.

Berikut beberapa seperti diambil dari Women’s Health:

1. Penyakit seksual menular

Penyakit seksual menular atau STD, terkadang sulit untuk dikenali, karena seringkali tidak disadari penderitanya. Namun jika anda mulai menyadari adanya darah yang keluar, terlebih setelah berhubungan, tidak tertutup kemungkinan pendarahan ini disebabkan oleh penyakit gonorrhea atau chlamydia.

2. Gangguan kelenjar tiroid

Penyebab lainnya juga bisa disebabkan oleh ada yang salah dengan kelenjar tiroid atau mungkin juga disebabkan oleh sindrom ovarium polikistik.

3. Kanker

Ini adalah skenario terburuk. Pendarahan yang terjadi di luar menstruasi bisa menjadi pertanda awal kanker rahim atau serviks.

(ruf/fin)