Giliran KPU Menjawab

FIN.CO.ID – Sidang lanjutan sengketa Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) di Mahkamah Konstitusi (MK) pada hari Selasa (18/6), diagendakan mendengarkan jawaban Komisi Pemilihan Umum (KPU). Penyelenggara pemilu ini mengklaim telah menyusun jawaban atas dalil kubu pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto – Sandiaga Uno.

Komisioner KPU Ilham Saputra di Gedung KPU, Jakarta, Senin (17/6) menegaskan pihaknya telah menyiapkan beberapa bahan atau jawaban terkait permohonan dari pengacara 02. Pada sidang pendahuluan di MK, Jumat, (14/6) lalu, kubu Prabowo – Sandi membacakan dalil-dalil perbaikan berkas permohonan yang diserahkan Senin, (10/6). Dalam berkas itu, terdapat dalil-dalil yang tidak ada dalam berkas permohonan awal yang diserahkan.

“KPU akan menyampaikan penolakan terhadap dalil-dalil tersebut. Menurut aturan beracara di MK, khusus sengketa pilpres, pemohon tak diberikan kesempatan untuk perbaikan berkas. KPU tetap akan menyampaikan jawaban atas dalil dalam perbaikan berkas tersebut. KPU merasa perlu menjawab tudingan-tudingan tersebut,” ujar Ilham.

Dia menyebut pihaknya belum bisa membeberkan detail jawaban atas gugatan itu. Meski demikian, ada beberapa poin yang akan disampaikan dalam jawaban KPU, yakni terkait DPT dan Situng. “Ada beberapa hal terkait dengan misalnya daftar pemilih tetap, kemudian terkait dengan sistem informasi perhitungan. Tentu saja akan dijawab sesuai dengan data yang kita punya,” ucapnya.

Poin jawaban terkait Situng, menurutnya sudah disampaikan kepada masyarakat sejak jauh hari. “Kita juga sudah sampaikan disclaimer bahwa Situng ini bukan hasil resmi. Tetapi yang digunakan adalah rekapitulasi berjenjang dari TPS ke kecamatan, kabupaten, provinsi sampai KPU RI,” lanjutnya.(khf/fin.rh)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here