Selasa , 16 Juli ,2019
Breaking News

Catet!! Kawin Kontrak Tidak Sah Dalam Islam

FIN.CO.ID, Kawin Kontrak, atau Nikah Kontrak adalah salah satu pernikahan dengan perjanjian waktu tertentu. Jika waktu yang disepakati telah habis, maka kedua pasangan akan berpisah. Oleh agama Syia’h, disebut Nikah Mut’ah.  Pernikahan jenis ini, dalam Islam dilarang.

Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh,H Faisal Ali menegaskan perkawinan kontrak tidak diijinkan dalam Islam karena hukumnya tidak sah.

“Kawin kontrak, menurut Mazhab Syafii, tidak sah. Karena tidak sah, maka tidak diperbolehkan. Hanya dalam kalangan syiah, kawin kontrak itu sah,” kata Faisal di Banda Aceh, Ahad (16/6). Seperti dikutip dari Kantor Berita Antara.

Menurut Faisal, apapun alasannya, termasuk dalih ekonomi, kawin kontrak tersebut tidak diperbolehkan. Sebab, kawin kontrak itu sama saja dengan zina dan prostitusi yang dilindungi.

Oleh karena itu, masyarakat diingatkan tidak melakukan perbuatan yang melanggar aturan tersebut. Jika, untuk mengubah nasib atau meningkatkan ekonomi, maka berusahalah secara halal.

“Banyak usaha yang peluang usaha halal yang bisa dilakukan. Misalnya, menggarap lahan-lahan tidur untuk pertanian. Kawin kontrak itu sama saja mencari uang tanpa bekerja keras,” ketus Tgk H Faisal Ali.

Menyangkut kawin kontrak di Aceh, Faisal yang akrab disapa Lem Faisal mengatakan sekarang ini tidak terdengar lagi praktik tersebut. Sebelumnya, ketika masa rehabilitasi dan rekonstruksi Aceh setelah tsunami sering terdengar.

“Saat itu, ada beberapa orang Aceh yang tidak paham melakukan kawin kontrak dengan pekerja rehabilitasi dan rekonstruksi setelah tsunami. Sekarang ini tidak terdengar lagi,” kata Faisal. (*fin).

About Afdal

Check Also

Foto Terlalu Cantik, Calon Anggota DPD Evi Apita Maya Digugat ke MK

FIN.CO.ID, Jakarta- Nama Evi Apita Maya belakangan jadi perbincangan di jagat maya. Evi adalah calon ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com