Argentina vs Kolombia: Bakal Ketat

Argentina's forward Sergio Aguero (C) vies for the ball with Colombia's defender Cristian Zapata during the 2015 Copa America football championship quarterfinal match, in Vina del Mar, Chile on June 26, 2015. AFP PHOTO / LUIS ACOSTA

FIN.CO.ID, SALVADOR – Argentina bersama Lionel Messi-nya bakal bentrok melawan Kolombiapada laga pertama mereka di Grup BCopa America, Minggu (16/6) besok pukul 05.00 WIB. Dalam laga yang digelar di Itaipava Arena Fonte Nova Salvador ini,Argentina lebih diunggulkan untuk memenangkan pertandingan.

Argentina punya sejarah yang apik di Copa America. Lionel Messi dan kawan-kawan empat kali menjadirunner-updalam lima edisi terakhir Copa America.La Albicelesteterakhir kali menjuarai kompetisi ini adalah pada 1993 silam. Namunrunner-upPiala Dunia 2014 itu tetap dianggap sebagai salah satu kandidat juara bersama tim kuat lainnya, termasuk di antaranya Brasil.

Di laga ini, pelatih Argentina Lionel Scaloni punya beban yang cukup berat. Dia harus mempersembahkan kemenangan agar langkah Argentina selanjutnya lebih mudah.

Apalagi, sejak awal publik Argentina sangat berharap agar Scaloni mampu mengembalikan kejayaan Argentina seperti di era Diego Armando Maradona. Apalagi, saat ini mereka punya Lionel Messi. Salah satu pemain sepak bola terbaik di dunia. Messi diharapkan mampu menularkan suksesnya di level klub ke tim nasional.

Sejauh ini, prestasi Messi bersama tim Tango masih jauh panggang dari api. Bintang Barcelona itu baru mempersembahkan medali emas Olimpiade 2008 bersama Argentina. Selebihnya, dia gagal memenangi trofi mayor di pentas internasional. Dan kali ini, adalah kesempatan bagi Messi untuk menunjukkan prestasinya.

Dengan amunisi yang dia miliki, Scaloni sangat yakin timnya bakal memenangkan pertandingan melawan Kolombia. Lionel Messi, Sergio Aguero dan Angel Di Maria dalam kondisi siap tempur. Ketiganya akan disokong oleh Giovani Lo Celso, Paredes, dan Rodriguez di tengah.

Tim kami dalam kondisi siap. Kami punya persiapan yang baik menghadapi turnamen ini. Dan kami sangat yakin dengan kemampuan lini depan dan lini belakang kami, kata Scaloni seperti dilansir beIN Sport.

Scaloni memang berharap banyak kepada Messi. Dengan dukungan Angel Di Maria, Giovani Lo Celso, Sergio Aguero hingga Paulo Dybala, Messi diharapkan mampu mencetak banyak gol ke gawang Kolombia yang bakal dijaga Ospina.

Di tangan Scaloni, produktivitas gol Argentina cukup baik. Dari 9 laga uji coba setelah Piala Dunia 2018, Argentina telah mencetak 18 gol dan hanya kebobolan 5 gol. Argentina memenangi 6 dari 9 laga terakhirnya, mereka mencatat 6 kali menang, sekali seri dan dua kali kalah. Dan, yang perlu digarisbawahi, Argentina tak terkalahkan dalam 8 laga terakhirnya melawan Kolombia. Mencatat lima kemenangan dan tiga kali seri.

Kolombia sendiri bukanlah tim yang bisa dianggap remeh. Mereka punya sejumlah pemain yang sangat berbahaya. Di antaranyaRadamel Falcao, Juan Cuadrado, James Rodriguez dan Duvan Zapata,

Di Copa America kali ini, Kolombia adalah kekuatan yang patut diperhitungkan. Hebatnya, mereka selalu mencetak gol dalam enam pertandingan terakhir setelah bermain imbang 0-0 dalam uji coba melawan Argentina pada 11 September 2018 lalu.

Dalam uji coba terakhir sebelum Copa America 2019, Kolombia mengalahkan Peru 3-0 lewat dua gol Mateus Uribe dan satu gol Duvan Zapata. Sementara itu, Argentina membungkam Nikaragua 5-1 melaluibraceMessi dan Lautaro Martinez seta satu gol Roberto Pereyra.

Kolombia mencetak 17 gol dan kebobolan 6 gol dalam 8 laga uji pasca-Piala Dunia 2018. Kolombia hanya mengalami 1 kali kekalahan dalam 8 laga terakhirnya. Dipastikan, duel antara Argentina melawan Kolombia besok pagi bakal berlangsung ketat. Bertanding melawan Argentina tentu sangat menarik. Mereka punya pemain-pemain hebat, kata pelatih Kolombia Carlos Queiroz.

(wsa/fin)