Tiga Pemain Macan Kemayoran Dipanggil Timnas

FIN.CO.ID, JAKARTA – Persija Jakarta lagi-lagi menjadi salah satu tim yang terus menyumbangkan pemainnya untuk memperkuat Timnas Indonesia di berbagai usia. Kali ini, tiga pengggawa muda asal klub yang berjuluk Macan Kemayoran itu mendapat panggilan untuk menjalani pemusatan latihan dan seleksi tahap kedua Timnas Indonesia U-19. Ketiga pemain itu adalah, Braif Fatari, Muhammad Risky Sudirman dan Sutan Diego Zico.

Sesuai dengan surat PSSI bernomor 1849/AGB/350/VI-2019, ketiga pemain tersebut bakal menjalani pemusatan latihan dan seleksi tahap kedua itu di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang mulai Selasa (11/6) kemarin hingga Selasa (18/6) mendatang.

“Sehubungan dengan program Tim Nasional U18 yang akan melakukan Pemusatan Latihan untuk mengikuti AFF U-18 Championship 2019 dan Kualifikasi AFC U-19 Championship 2020, PSSI akan melakukan seleksi pemain Tim Nasional U18. Maka dengan ini PSSI memanggil Braif Fatari, Muhammad Risky Sudirman dan Sutan Diego Zico untuk hadir pada Seleksi Tim Nasional U18,” bunyi surat PSSI yang dikutip dalam resmi klub, Senin (11/6) kemarin.

Tentunya, pemanggilan ketiga pemain muda Persija ini menjadi kebanggaan bagi klub Ibukota tersebut. CEO Persija Jakarta, Ferry Paulus mengakui bahwa pihaknya sangat bangga dengan pemanggilan ketiga pemainnya tersebut.

Pasalnya, selain ketiga pemain tersebut, Persija termasuk salah satu klub yang terbanyak menyumbangkan pemain ke Timnas Indonesia di berbagai usia. Selain ketiga pemain ini, ada delapan pemain Persija lainnya dipanggil timnas disegala level umur.

Delapan pemain ini di antaranya Andritany Ardhiyasa, Novri Setiawan, Riko Simanjuntak, dan Ramdani Lestaluhu yang memperkuat Timnas Senior. Lalu Feby Eka Putra untuk Timnas U-23, lalu ada Tangguh Chesta, Muhammad Fajar, dan Fiore Rafli yang juga memperkuat Timnas U-16.

“Saya bangga Persija kembali bisa memberikan wakilnya untuk bisa membela negara, baik di timnas junior sampai timnas senior kami berupaya agar Persija terus berkontribusi, karena inilah visi yang terus kami canangkan,” ungkap Ferry.

Lebih lanjut, Ferry Paulus berharap ketiga pemain muda Persija yang menjalani seleksi Timnas Indonesia U-19 bisa memberikan performa yang baik. “Saya berharap juga mereka bisa memberikan yang terbaik bagi bangsa dan negara ini. Selamat sekali lagi, dan terus kerja keras. Bravo Timnas Indonesia,” tukasnya.

Selain ketiga pemain itu, Fakhri Husaini selaku pelatih Timnas Indonesia U-19 juga memanggil 27 pemain lainnya untuk mengikuti pemusatan latihan dan seleksi yang diperuntukan sebagai persiapan Piala AFF U-18 pada 5-18 Agustus di Vietnam dan Kualifikasi Piala Asia U-19 2020, September/Oktober mendatang.

Menurut Fakhri, total 30 pemain yang dipanggil, sebagian besar adalah alumni pemain timnas U-16 terdahulu dan juga beberapa diantaranya masuk skuat Garuda Select yang diberangkatkan ke Inggris.

“Saya ingin kembali melihat perkembangan anak-anak setelah mereka lulus di tim U-16 terdahulu dan beberapa anak yang masuk di Garuda Select,” ungkap Fakhri seperti keterangan tertulis dari PSSI yang diterima wartawan di Jakarta, Senin (11/6) kemarin

“Kini usia mereka sudah bertambah dan levelnya tentu meningkat. Tentunya, kedewasaan mereka dalam bermain sepak bola akan berbeda. Itu yang ingin saya lihat di TC dan seleksi tahap kedua ini,” tambah Fakhri.

Selain itu, pelatih berkumis tebal itu juga menuturkan dari 30 pemain itu ada 12 nama yang baru dipanggil olehnya. Menurutnya, 12 nama baru yang dipanggil olehnya itu akan memudahkannya untuk melakukan seleksi.

“Mengenai nama-nama baru, saya rasa mereka memiliki potensi. Kalau tidak waspada dan memberikan yang terbaik, pemain lain bisa saja tergantikan. Maka saya katakan, disini siapa pun bisa saja tersingkir apabila tidak menunjukkan kemampuan maksimalnya,” terang Fakhri menandaskan.

Berikut 30 pemain Timnas Indonesia U-19

1. Ernando Ari Staryadi – PPLOP Jateng – Kiper

2. Risky M Sudriman – Persija – Kiper

3. M Yudha Febrian – Barito Putra – Bek

4. M Salman Alfarid – Diklat Ragunan – Bek

5. Fadilah Nur Rahman – Diklat Ragunan – Bek

6. Komang Teguh – Diklat Ragunan – Bek

7. Brylian Negietha Dwiki Aldama -SSB Gelora Putra Delta – Gelandang

8. David Maulana – Barito Putra – Gelandang

9. Braif Fatari – Persija – Gelandang

10. Amanar Abdilah – Bhayangkara FC – Sayap

11. M Fajar Fatur Rahman – Asad Academy – Sayap

12. M Supriadi – Persebaya – Sayap

13. Sutan Diego Zico – Persija – Depan

14. Amiruddin Bagus – Barito – Depan

15. Amiruddin Bagas – Barito – Bek

16. Kartika Vedhyanto Putra – PPLOP Jateng – Bek

17. Rendy Juliasyah – Gelandang

18. Ahmad Rusadi – Bek

19. Hamsa Medari Lestaluhu – Gelandang

20. Feby Ramzy Wirawan – Madura United – Gelandang

21. Alfeandra Dewangga Santosa – PPLOP Jaten – Bek

22. Saddam Emiruddin Gaffar – PPLOP Jateng – Depan

23. Rafli G.H Kapoh – PSKT Tomohon – Kiper

24. Evan Nurhirmawan – Bina Putra FC – Bek

25. M Adrian – PPLOP Medan – Bek

26. Anrico Auza – PPLOP Medan – Gelandang

27. Ikhsan Nur Zikrak – PPLOP Padang – Gelandang

28. Rafie Risky – Semen Padang – Gelandang

29. Fernando Figo Sahetapy – PS Tira – Sayap

30. Syadiq Aliftah Ramadan – Asifa – Sayap

(gie/fin/wsa)