Makin Pede Sambut Copa America

FIN.CO.ID, PORTO ALEGRE – Brasil punya beban berat pada Copa America 2019. Sebab, status mereka adalah tuan rumah. Sialnya, enam hari yang lalu bintang nomor satu Brasil Neymar malah dihantam cedera pada engkel kaki kanan.

Meski begitu, tanpa Neymar, Brasil setidaknya bisa menunjukkan kalau mereka punya segudang talenta. Setelah menang 2-0 atas Qatar dalam uji coba internasional (6/6), kemarin (10/6) Brasil pesta 7-0 ke gawang Honduras di Estadio Beira-Rio.

Striker Gabriel Jesus mencetak dua gol pada menit keenam dan 47′. Lima gol lain dikontribusikan Thiago Silva (13′), Philippe Coutinho (37′-penalti), David Neres (56′), Roberto Firmino (65′), dan Richarlison (70′).

Selain alasan kualitas individu Brasil yang ada di atas Honduras, Brasil juga unggul jumlah pemain. Sejak menit ke-30, Honduras bermain dengan sepuluh pemain lantaran penyerang mereka Romell Quioto diusir dari lapangan oleh wasit Andres Cunha (Uruguay).

Dari keenam pencetak gol Brasil, winger Neres jadi yang paling semringah. Mengenakan nomor punggung yang pernah dipakai legenda Brasil seperti Mane Garrincha dan Bebeto, yakni tujuh, Neres pecah telur gol buat Brasil.

“Jelas momen mencetak gol ini tak akan terlupakan dalam karir saya. Rasanya membanggakan mencetak gol di tanah kelahiran saya dan juga di depan para pendukung Brasil,” ucap Neres kepada Redhead Globe, kemarin (11/6).

Gol debut pemain berusia 22 tahun itu juga ciamik. Mendapat through pass dari bek Filipe Luis di sisi kanan pertahanan Honduras, Neres memenangi adu sprint dari jarak sekitar 50 meter. Neres pun menaklukkan kiper Honduras Luis Lopes dengan tendangan tak seberapa keras melalui kaki kirinya.

Di sisi lain, setelah kehilangan Neymar kondisi gelandang mereka Arthur juga mengkhawatirkan. Pemain yang membela Barcelona itu diganti menit ke-32 usai ditekel keras pemain Honduras Quioto. Arthur harus diangkut kendaraan medis ketika meninggalkan lapangan.

“Saya tak ingin mendahului keputusan dokter tim kami tentang kondisi lutut kanannya. Namun pasca laga saya berbicara padanya dan Arthur menyatakan dia baik-baik saja,” tutur Tite sebagaimana dikutip AS. Brasil akan melakoni laga pembuka di Copa America lawan Bolivia pada 15 Juni mendatang.

(dra/ful)