Breaking News

Kualifikasi FIBA Asia Cup 2021, Ajang Uji Kemampuan Indonesia

FIN.CO.ID, JAKARTA – Drawing Kualifikasi FIBA Asia Cup 2021 baru saja selesai dilaksanakan di Bengaluru, India. Dari hasil undian yang pertama kali diselengggarakan setelah format baru FIBA Asia Cup menggunakan sistem kualifikasi itu, Indonesia tergabung di Grup A bersama, Filipina, Thailand dan Korea Selatan.

Menurut, Erick Thohir yang merupakan anggota FIBA Central Board dan Kandidat IOC member, hasil drawing tersebut memberikan gambaran bagi 24 negara yang berpartisipasi agar dapat masuk kualifikasi untuk FIBA Asia Cup 2021.

Pria yang juga menjabat sebagai ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI) itu mengatakan Indonesia yang tergabung di Grup A memiliki lawan-lawan yang memiliki prestasi regional dan Asia. Oleh sebab itu, ia mengharapkan kualifikasi tersebut bisa menjadi ajang untuk mengasah sekaligus meningkatkan kualitas permainan atlet basket Indonesia.

“Hal ini (Kualifikasi FIBA Cup 2021) bisa jadi pemanasan bagi Indonesia yang akan menjadi tuan rumah FIBA WORLD CUP 2023 bersama Filipina dan Jepang,” ujar Erick Thohir dalam keteranga tertulis yang diterima wartawan dan Fajar Indonesia Network (FIN) di Jakarta, Senin (10/6) kemarin.

Lebih lanjut, Erick menuturkan, bahwa dirinya akan memberikan bantuan untuk mencarikan sponsor bagi Tim Merah Putih dalam ajang tersebut. Menurutnya hal tersebut guna, memperkuat dukungan bagi tim basket Indonesia.

“Untuk lebih memperkuat dukungan pada tim merah-putih, saya dan PP Perbasi akan bersama-sama mencari sponsor dan media partner untuk tim basket Indonesia,” tegasnya.

Sistem pertandingan kejuaraan bola basket dunia berubah menjadi sistem home and away setelah disepakati oleh federasi bolabasket negara-negara anggota FIBA. Dan untuk negara-negara Asia Oceania, Kualifikasi FIBA ASIA Cup 2021 ini merupakan yang pertama kali menggunakan sistem tersebut.

Dengan adanya sistem home and away menjadi momen bagi supporter tim Indonesia untuk memberikan dukungan bagi atlet Indonesia. Ada tiga kesempatan dimana Indonesia berkesempatan menjadi tuan rumah yakni, pada tahun ini antara 25 November-3 Desember 2019, tahun 2020 antara 17-25 Februari 2020 dan antara 20-27 November 2020.

Dalam Kualifikasi FIBA Asia Cup 2021 yang rencananya bergulir akhir November hingga awal Desember 2019, dan Februari 2020, ada 24 negara yang berpartisipasi dan dibagi menjadi enam grup. Dua tim teratas masing-masing grup langsung meraih tiket putaran final. Enam negara di peringkat ketiga klasemen akan menjalani putaran kedua untuk memperebutkan empat slot dari total 16 peserta.

Rencananya, sebelum ajang itu bergulir, FIBA akan melakukan inspeksi untuk melihat venue pertandingan yang akan dipergunakan dan hotel untuk tim tamu dan wasit FIBA pada Juni 2019, mendatang. Indonesia sendiri mengajukan Britama Arena-Mahaka Square, Kelapa Gading Jakarta sebagai venue pertandingan.

(gie/fin/wsa)

Hasil Drawing Kualifikasi FIBA Asia Cup 2021:

Grup A:

Filipina

Indonesia

Thailand

Korea Selatan

Grup B:

Chinese Taipei

Jepang

Malaysia

China

Grup C:

Australia

Hong Kong

New Zealand

Guam

Grup D:

Bahrain

Lebanon

India

Irak

Grup E:

Saudi Arabia

Syria

Qatar

Iran

Grup F:

Jordania

Kazakhstan

Sri Lanka

Palestina

About Redaksi FIN

Check Also

Cile 4 vs Jepang 0 : Start Mulus Juara Bertahan

FIN.CO.ID, SAO PAOLO – Juara bertahan Cile menjalani start sempurna di Copa America 2019. Melawan ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com