Breaking News

Daftar PTN Harus Sesuai Kemampuan

FIN.CO.ID, JAKARTA – Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019 telah dibuka hari ini, 10 Juni dan berakhir pada 24 Juni 2019. Pendaftaran dilakukan secara online melalui laman http://pendaftaran.sbmptn.ac.id.

Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir meminta, siswa untuk mendaftar Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) harus sesuai dengan nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).

“Mudah-mudahan siswa mendaftar ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) sesuai dengan kemampuan atau nilai UTBK yang diraihnya,” kata Nasir di Jakarta, Senin (10/6).

Menurut Nasir, melalui nilai UTBK tersebut, siswa bisa menilai sendiri kemampuan mereka dan mengurangi tingkat kegagalan siswa dalam SBMPTN.

“Dengan sistem baru tersebut juga memastikan siswa masuk ke program studi maupun PTN yang sesuai dengan kemampuan anak,” ujarnya.

Nasir juga berharap, agar siswa bisa memilih prodi maupun PTN yang sesuai dengan keinginan dan diminati. Tidak lagi memilih atas keinginan yang tidak sesuai dengan kemampuan siswa.

Untuk tingkat kelulusan, kata dia, maka diambil nilai teratas berdasarkan jumlah kuota. Misalkan di PTN A kuota 20 untuk SBMPTN, maka yang diambil adalah 20 nilai teratas.

“Kalau nilai terendah 90, maka yang nilainya 80 atau 75 tidak akan diterima. Bagi siswa yang tidak lulus SBMPTN, maka masih bisa mengikuti ujian mandiri yang diselenggarakan masing-masing PTN,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), Ravik Karsidi menuturkan, bahwa kuota setiap Program Studi yang disediakan untuk calon mahasiswa baru yang mengikuti SBMPTN ditetapkan paling sedikit 40 persen dari daya tampung program studi di perguruan tinggi negeri (PTN).

Ia menjelaskan, untuk pertimbangan program studi, daya tampung per PTN tahun 2019, dan jumlah peminat program studi per PTN tahun 2018 dapat dilihat di laman https://sbmptn.ltmpt.ac.id

“Bagi peserta pelamar program Bidikmisi terlebih dahulu harus mempelajari prosedur pendaftaran yang ada di laman http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id.,” terangnya.

Sementara calon peserta penerima beasiswa Bidikmisi yang telah dinyatakan lulus SNMPTN 2019 dan calon peserta non-Bidikmisi yang dinyatakan lulus SNMPTN 2019, tidak diperbolehkan mendaftar SBMPTN 2019.

Ravik mengimbau, masyarakat dan khususnya para calon pendaftar SBMPTN 2019, LTMPT tidak menjalin kerja sama dengan pihak manapun dalam pelaksanaan SBMPTN 2019.

Semua informasi resmi dan setiap terjadi perubahan ketentuan yang berkaitan dengan pelaksanaan SBMPTN 2019 selalu diinformasikan melalui laman resmi di http://sbmptn.ac.id.

“Untuk informasi lebih lanjut terkait dengan SBMPTN 2019, dapat mengubungi Help Desk http://halo.ltmpt.ac.id dan http://halo.sbmptn.ac.id atau hubungi call center 0804 1 450 450. Informasi resmi juga dapat diperoleh di kantor Humas PTN terdekat,” pungkasnya.

(der/fin)

About Redaksi FIN

Check Also

Amsor, Tersangka Kecelakaan Maut Tol Cipali Alami Luka Berat

FIN.CO.ID, JAKARTA – Aparat kepolisian telah menetapkan tersangka pada kecelakaan beruntun di Tola Cipali Km ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com