Breaking News

Masinton Sayangkan Predikat WDP KPK

FIN.CO.ID – Anggota Komisi III DPR RI Masinton Pasaribu mengaku menyayangkan penyajian laporan keuangan KPK tidak lengkap sehingga memperoleh predikat WDP.

Seharusnya, kata Masinton, KPK sebagai lembaga anti korupsi memberikan contoh pelaporan keuangan yang akuntabel, transparan dan berintegritas.

Politikus PDIP itu menyatakan saat penyajian laporan keuangan KPK mengacuhkan asas akuntabilitas, keterbukaan dan integritas, maka di situlah pangkal terjadinya indikasi korupsi di KPK.

“Ini masalah serius dan sangat mendasar. Mustahil memberantas korupsi kalau tubuh KPK masih digelayuti benalu korupsi,” tegas Masinton, kemarin.

Masinton menuturkan selama ini KPK selalu mengklaim lembaganya menerapkan prinsip ‘zero tolerance’ dan zona integritas dalam tata kelola lembaga anti korupsi tersebut.

“Kalau KPK konsisten dan konsekuen dengan prinsip zero tolerance dan berintegritas harusnya laporan keuangan KPK tidak memperoleh opini WDP. Itu ukuran sederhananya,” tambah Masinton.

Opini WDP merupakan opini yang diterbitkan ketika sebagian besar informasi dalam laporan keuangan bebas dari salah saji material, kecuali untuk item tertentu yang menjadi pengecualian. Dalam situs BPKAD, disebutkan opini itu juga disebut ‘little adverse’ atau ‘ketidakwajaran kecil’ namun tak memengaruhi kewajaran laporan keuangan secara keseluruhan.

Bagi Masinton, ketika KPK mendapatkan opini WDP berarti ada yang tidak sempurna, disebabkan adanya item tertentu yang dianggap tidak wajar.

“Oleh karena itu nanti dalam RDP nanti, Komisi III akan meminta penjelasan mengapa hal ini bisa terjadi kembali,” tandasnya. (frs/fin)

About Makruf

Check Also

Fahri Hamzah Soal Desain Reformasi Parlemen

FIN.CO.ID – Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah berharap desain reformasi Parlemen ke depan sesuai ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com