Sepenggal Perjalanan Cinta SBY-Ani

Beranda Feature Sepenggal Perjalanan Cinta SBY-Ani

FIN.CO.ID – Sosok Ani di mata SBY merupakan istri yang penuh semangat. Tak mau menyerah dengan keadaan. Ia pun motivasi bagikeluarga. Namun takdir berkata lain, Ani Yudhoyono wafat. Sosok yang hobi dengan fotografi itu meninggal di National University Hospital, Singapura, Sabtu (1/6) pukul 11.50 waktu Singapura, dan dikebumikan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Nasional Utama Kalibata, Jakarta Selatan kemarin (2/6). Cerita cinta SBY-Ani pun menjadi inspirasi banyak orang.

M. SYAIFUL AMRI, Jakarta

ANI Yudhoyono, begitu wanita yang memiliki nama lengkap Kristiani Herrawati itu disapa. Sosok wanita yang terbilang lengkap. Lengkap dengan pengalamannya sebagai mantan ibu negara dan perempuan hebat yang tak pernah lelah melawan penyakitnya.

Ia dikenal sebagai motivator di keluarga besar SBY. Wajar, karena perjalanan yang menempanya hingga mampu mendamping SBY dengan setia hingga didaulat sebagai sebagai Presiden RI ke-6.

Ani dan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengikat janji suci pada 30 Juli 1976 silam. Ani Yudhoyono setia mendampingi SBY hingga tutup usia setelah mengidap kanker darah.

Pertemuan Ani dengan SBY awalnya dimulai ketika Ani sering ikut ayahnya, Sarwo Edhie, yang ketika itu merupakan Gubernur Akabri. Ani selalu hadir dalam acara ayahnya.

Tahun 1973 adalah waktu pertama kalinya Ani bertemu dengan SBY. Saat itu bertepatan dengan acara peresmian barak taruna di Magelang. Ani, yang masih gadis, terpesona oleh sosok SBY yang berwibawa, tampan, atletis, dan tenang.

Buntut pertemuan itu, SBY akhirnya bertandang ke rumah Ani. Dari sinilah, mereka mulai merangkai kisah cinta dengan saling berkirim surat. Pada 1974, saat Sarwo Edhie menjadi duta besar, Ani dan SBY akhirnya resmi bertunangan. Tepat setelah SBY menjadi perwira lulusan terbaik 1973.

Karena Ani berada di Korea Selatan saat itu, mereka pun terpaksa menjalin hubungan jarak jauh selama 1,5 tahun. Namun hubungan jarak jauh itu terbayar oleh pernikahan mereka pada 30 Juli 1976 di Ballroom Hotel Indonesia.

Ani dan SBY telah mengarungi bahtera rumah tangga 43 tahun lamanya. Pasutri ini setia dalam suka dan duka. SBY tetap di sisi Ani Yudhoyono saat menghadapi vonis kanker darah. Dukungan dan kasih sayang diberikan SBY dan keluarganya kepada Ani untuk terus berjuang melawan kanker darah.

Namun takdir berkata lain, Ani Yudhoyono meninggal dunia di National University Hospital, Singapura, Sabtu (1/5) pukul 11.50 waktu Singapura.

Di mata Kristiani Herrawati, taruna berpostur jangkung itu punya keistimewaan di usia yang masih tergolong muda. Tak hanya sopan dalam bertutur dan bertindak sejak kali pertama berkenalan di kompleks Akademi Militer (Akmil), Magelang, Jawa Tengah. Saya melihat dia (SBY) dewasa sekali, ujar Ani, sapaan akrabnya, seperti dikutip dalam buku SBY Sang Demokrat karya Usamah Hisyam dkk.

Selain itu, di antara taruna Akmil angkatan 1973, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), sang taruna muda tersebut, juga dikenal berprestasi. Dia menjadi komandan Divisi Korps Taruna, sebuah jabatan mentereng di kalangan taruna.

Cinta pun bertaut di antara mereka. Hingga akhirnya pada Februari 1974, SBY dan Ani bertunangan. Sebelum berlanjut ke jenjang pernikahan pada 30 Juli 1976.

Dengan Ani di sampingnya, SBY meniti karir kemiliteran. Menduduki beberapa jabatan penting, di antaranya menjadi panglima Kodam III/Sriwijaya dan kepala staf teritorial TNI. Lalu masuk pemerintahan sipil dan tercatat pernah menduduki jabatan menteri koordinator bidang politik, sosial, dan keamanan serta menteri pertambangan dan energi.

Karir pria kelahiran Pacitan, Jawa Timur, 9 September 1949, itu membawanya ke puncak: sebagai presiden Republik Indonesia (RI). Periode pertama pada 20042009 dan kedua pada 20092014.

Ani yang berpulang kemarin setelah dirawat di Singapura karena kanker darah sejak Februari lalu tentu saja berperan penting dalam semua capaian sang suami itu. Di buku biografi Kepak Sayap Putri Prajurit yang ditulis Alberthiene Endah, SBY menyebut sang istri sebagai perempuan tangguh.

Ani setia mendampingi di asrama tentara pada awal-awal pernikahan hingga menjaga anak-anak di Kota Dili ketika peristiwa Timor Timur pecah. Situasi yang tidak mudah untuk kaum perempuan, ujar SBY di buku terbitan 2010 tersebut.

Di mata kerabat, perjalanan cinta SBY-Ani dari pacaran sampai berumah tangga nyaris tanpa cacat. Bahkan, sekali pun tak pernah terdengar mereka bertengkar soal urusan rumah tangga. Mungkin karena Bu Ani orangnya pinter ngemong, ucap salah seorang kerabat Ani di Puri Cikeas, Kabupaten Bogor, tadi malam.

Ani adalah putri Sarwo Edhie Wibowo. Saat SBY menjadi taruna, Sarwo yang berpangkat mayor jenderal adalah gubernur Akmil. Jadi, bisa dibayangkan risiko yang harus dihadapi SBY muda saat mulai pendekatan. Apalagi, dia hanya anak seorang tentara berpangkat letnan, Soekotjo.

Waktu itu teman-teman banyak yang mendengar gosip kalau SBY mendekati putri gubernur Akmil. Tapi, beliau memang punya modal kuat, mulai prestasi, dikenal sebagai sosok yang baik, hingga postur gagah, ungkap seorang sumber yang mengaku lumayan tahu perjalanan cinta SBY dan Ani.

Cinta keduanya akhirnya bertaut. Ani, sebagaimana diceritakan dalam buku SBY Sang Demokrat, kerap menyambangi SBY di kompleks asrama taruna Akmil. Pernikahan mereka dibarengkan dengan dua pasangan lain: Erwin Sudjono-Wrahasti Cendrawasih (kakak Ani) dan Hadi Utomo-Mastuti Rahayu (adik Ani).

Tiga menantu Sarwo Edhie itu adalah mantan taruna Akabri. Erwin angkatan 1975, SBY 1973, dan Hadi 1970. Pernikahan tiga pasangan tersebut digelar di Ballroom Hotel Indonesia, Jakarta.

SBY memuji peran Ani sebagai istri dan ibu. Sebagai seorang istri, Ani terus membangkitkan semangat SBY tiap kali melaksanakan tugas. Sedangkan sebagai ibu, Ani berhasil membangun karakter dua anak laki-laki mereka: Agus Harimurti Yudhoyono dan adiknya, Edhie Baskoro Yudhoyono.

Dalam situasi sesulit apa pun, anak-anak kami selalu riang, bersemangat, dan terus mendoakan ayahnya, ujar SBY dalam Kepak Sayap Putri Prajurit.

Saat untuk kali pertama maju dalam Pemilihan Umum Presiden 2004, SBY menyebut sang istri sempat shock dengan sekolah politik kala itu. Namun, perlahan Ani sanggup move on dengan menyerap sedikit demi sedikit fenomena politik yang terjadi. Fenomena politik itu yang kemudian menjadi bagian lekat dalam kesehariannya, kata SBY di buku yang sama.

Selama dua periode SBY menjabat orang nomor satu di pemerintahan RI, Ani menjadi seorang ibu negara yang aktif. Menginisiasi atau terlibat dalam banyak kegiatan. Beliau (Ani) itu pribadi yang aktif dan hangat, kata Mufidah Jusuf Kalla, istri Jusuf Kalla, pendamping SBY sebagai wakil presiden di masa kepemimpinan periode pertama.

Ketika akhirnya SBY mengakhiri jabatan pada 2014, Ani, dalam wawancara dengan salah satu televisi swasta, menyebutnya bak bisul yang harus dia tahan selama sepuluh tahun yang akhirnya pecah. Plong, katanya dalam wawancara pada 2014 itu.

Banyak yang menyebut kisah cinta SBY dengan Ani tak ubahnya kisah cinta antara mantan Presiden B.J. Habibie dan sang istri Ainun Habibie, yang meninggal pada 2010. Abadi. Hanya bisa dipisahkan kematian.

Kisah cinta Habibie-Ainun itu bahkan sampai diangkat ke layar lebar pada 2012 dan mendapat respons positif publik. Hari ini Ani akan diantarkan ke peristirahatan terakhir di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta.

Makamnya berdekatan dengan makam Ainun Habibie, sumber inspirasi kisah cinta yang mengagumkan. Akankah perjalanan Ani-SBY itu juga bakal diabadikan ke layar lebar seperti halnya Ainun dan Habibie.

Bagi Presiden Joko Widodo yang berkesempatan melayat didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo di kawasan Puri Cikeas, sosok Ani Yudhoyono merupakan tauladan.

Perhatiannya begitu luar biasa terhadap rakyat. Sosok yang cerdas, dan pendamping yang begitu setia. Baik dalam suka dan duka. Allah SWT akan menempatkan beliau, di tempat yang layak, singkat Jokowi.

Dalam sambutannya, SBY menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang hadir di kediamannya. Saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Bapak Presiden beserta Ibu dan hadirin sekalian yang berkenan hadir di tempat kami ini, di rumah kami ini untuk berbagi rasa duka dengan saya dan keluarga atas kembalinya ke hadirat Allah SWT, istri tersayang Ani Yudhoyono, Kristiani Herrawati binti Sarwo Edhie Wibowo, ucap SBY.

Usai menyampaikan belasungkawa dan turut menyalatkan jenazah, Presiden dan Ibu Iriana meninggalkan lokasi pada pukul 23.45 WIB untuk kembali ke Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

SBY benar-benar tak mampu menyembunyikan kesedihan di balik air matanya. “Satu jam sebelum dipanggil Allah, kami menyampaikan kepada ibu Ani yang sedang fighting, battling melawan kanker ganas, dengan kata-kata yang indah,” ungkap SBY.

Menurut SBY, sang istri seharusnya tak sadarkan diri karena prosedur perawatan memaksa Ani Yudhoyono untuk ditidurkan dengan sangat lelap (deep sleep). Hal itu dilakukan agar instrumen penyembuhan bisa berfungsi dengan baik. Namun hal menarik terjadi, SBY mengaku melihat air mata muncul dari balik kelopak mata sang istri.

“Seharusnya deep sleep dia tidak mudah berkomunikasi, tidak bisa mendengar. Tapi saya dengan semua keluarga bisa berkomunikasi, saya melihat di kelopak matanya ada titik-titik air mata. She shows to us (dia menunjukkan kepada kami), karena mungkin orang yang disayangi masuk dalam hati dan pikiran,” papar SBY.

Ketua Umum Partai Demokrat itu menceritakan sang istri seperti ingin mengungkapkan bahwa dia sudah berusaha dan tidak mampu. Kendati demikian, SBY mengaku sadar bahwa Ani Yudhoyono merupakan perempuan yang kuat dan mampu berjuang hingga saat terakhir hidupnya.

“Saya hampir tak kuasa, air mata saya jatuh di keningnya, saya bersihkan, saya bilang sama memo, semua ada di sini. Air mata saya ini adalah air mata cinta, air mata kasih, dan air mata sayang. Air mata memo, semoga ini diterima oleh Allah. dan saya sampaikan saya sudah lihat perjuangannya,” tutur SBY.

Seusai seluruh keluarga berdoa, menurut SBY, wajah Ani Yudhoyono terlihat bahagia, dan rileks. Hingga beberapa saat kemudian, almarhumah akhirnyakembali ke hadapan Sang Pencipta dengan sangat tenang. Dan kini jasadnya telah dimakamkan di TMP Kalibata, Jakarta, Minggu (2/6). Pemakaman dilakukan secara militer dengan Presiden Joko Widodo sebagai inspektur upacara.

(*)

Baca Juga

Wartawan Dilibatkan dalam Perang Melawan Covid-19

JAKARTA - Ribuan wartawan akan dikerahkan dalam upaya melawan COVID-19. Mereka akan terlibat langsung dalam upaya mengubah perilaku masyarakat melalui pesan-pesan positif. Ketua Satuan Tugas...

Percepat Vaksinasi

JAKARTA - Uji klinis tahap III vaksin Sinovac untuk mengatasi COVID-19 berjalan lancar. Presiden Joko Widodo pun meminta agar proses vaksinasi dipercapat. Menteri Luar Negeri...

Potensi Penularan Covid-19 dari Orang Terdekat Sangat Tinggi

JAKARTA - Potensi penularan COVID-19 dari orang terdekat sangat tinggi. Karenanya, masyarakat diminta untuk mewaspadainya. Meningkatkan kewaspadaan salah satunya dengan cara penerapan protokol kesehatan...

Percepat Produksi Obat Covid

JAKARTA - Remdesivir merupakan salah satu obat yang mampu mempercepat penyembuhan pasien COVID-19. Karenanya pemerintah minta produsen farmasi di Indonesia mempercepat dan memperbanyak produksi...

Catet! Pemerintah Tidak Melarang atau Mewajibkan Nonton Film G30S/PKI

JAKARTA- Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan, Mahfud MD mengatakan, pemerintah tidak melarang memutar film Gerakan 30 September PKI (G30S/PKI). Masyarakat bisa menonton...

Berita Terbaru

Menkes tak Pernah Muncul, Najwa Shihab Wawancara Kursi Kosong

JAKARTA- Presenter Najwa Shihab mengundang Menteri Kesehatan (Menks) Terawan Agus Putranto di program Mata Najwa. Namun Menkes tak kunjung hadir. Padahal, di saat seperti...

Saudi Akan Umumkan Negara yang Diizinkan Umrah

JAKARTA - Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Muhammad Saleh Benten mengatakan, bahwa akan mengumumkan negara-negara mana saja yang diizinkan mengirim jemaah umrah. Pengumuman tersebut...

Infografis: Poin-poin Gugatan Tommy Soeharto ke Menkumham

JAKARTA - Baru sepekan Menteri Keuangan Sri Mulyani yang kerap bertindak tegas dalam mengatur keuangan negara digugat oleh Bambang Trihatmodjo ke Pengadilan Tata Usaha...

Tottenham vs Chelsea: Murid Bandel

LONDON — Derbi London antara Tottenham Hotspur dan Chelsea menjadi pembuka laga babak 16 besar Carabao Cup, dini hari nanti. Sama-sama menelan hasil buruk...

Beacukai dan Kepolisian Gagalkan Penyelundupan Narkotika dari Malaysia

Bengkalis- Petugas gabungan Bea Cukai dan Kepolisian Resort Bengkalis berhasil gagalkan penyelundupan narkotika yang dibawa dari Malaysia pada Jumat (18/09). Dari penindakan tersebut, petugas...

11 Ribu Kartu Tani telah Didistribusikan di Kotawaringin Barat

KOTAWARINGIN BARAT – Persiapan penerapan Kartu Tani terus dilakukan Kementerian Pertanian. Di Kotawaringin Barat, tidak kurang 11 ribu lembar Kartu Tani telah didistribusikan ke...

Awasi Konten Pilkada

JAKARTA - Lembaga penyelenggara pemilu dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bakal memperkuat pengawasan konten kampanye Pilkada 2020 di internet. Anggota Bawaslu RI, Fritz...

RUU Cipta Kerja Masih Berpolemik

JAKARTA - Kebijakan Jaminan Kelangsungan Pekerja (JKP) dalam RUU Cipta Kerja yang saat ini dibahas di DPR RI menjadi polemik. Legislatif menyebut, aturan soal...

Nusantara

Teliti Tikus, Lacak Penyebaran Leptospirosis di Desa Tasikmadu

PURWOREJO - Seorang warga di Desa Tasikmadu Kecamatan Pituruh Kabupaten Purworejo dilaporkan telah terpapar penyakit Leptospirosis. Laporan itu ditindaklanjuti petugas Balai Penelitian dan Pengembangan Kesehatan...

Pilkada, Ganjar Larang Kampanye Terbuka

SEMARANG – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menegaskan tidak boleh ada gelaran kampanye terbuka dalam Pilkada Serentak 2020 di Jawa Tengah. Jika ada pasangan...

News

Deklarasi KAMI Dibubarkan, Fadli Zon: Persekusi Terhadap Demokrasi

JAKARTA- Deklarasi Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI), yang dihadiri oleh Gatot Nurmantyo di Surabaya, diwarnai dengan aksi demonstrasi. Massa menolak acara itu digelar karena sarat...

Tengku Zul Nyindir Denny Siregar: Ente Pernah Jadi Apa Selain Buzzer?

JAKARTA- Pegiat media sosial, Denny Siregar dan Ustad Tengku Zulkarnai 'perang' komentar di twitter. Keduanya mengomentari deklarasi Koalis Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) yang dibubarkan...

Tengku Zulkarnain ke Denny Siregar: KAMI Itu HTI? Cekak Banget

JAKARTA- Ustaz Tengku Zulkarnain angkat bicara terkait batalnya acara deklarasi KAMI Jawa Timur di Gedung Juang 45, Surabaya, Senin (28/9/2020). Menurutnya sebagai warga negara Indonesia,...

Satu Tahanan KPK Dirujuk ke RSPAD

JAKARTA - Seorang tahanan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) diketahui positif terpapar COVID-19. Tahanan tersebut mendekam di Rumah Tahanan (Rutan) KPK Cabang Pomdam Jaya Guntur,...

Jutaan Rokok Ilegal Diamankan Bea Cukai

JAKARTA– Bea Cukai kembali melancarkan penindakan terhadap rokok ilegal di tiga tempat terpisah. Penindakan tersebut kali ini berhasil dilakukan oleh Bea Cukai Makassar, Bea...

ICW Balas KPK

JAKARTA - Peneliti Indonesia Corruption Watch (ICW) Kurnia Ramadhana menyatakan tak semua pihak yang berada di sebuah gelanggang pertempuran disebut pejuang. Ia menyebut, terdapat...

Kontroversi Jabatan Eks Tim Mawar

JAKARTA - Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KontraS) mendesak Presiden Joko Widodo (Jokowi) mencabut Keputusan Presiden (Keppres) pengangkatan Brigjen TNI Yulius...