Breaking News

Menapak Jejak di Depan Park

MADRID  – Son Heung-min tak perlu lagi bangun jam 4 pagi. Seperti ketika dia hanya melihat Park Ji-sung tertunduk dalam final Liga Champions sedekade lalu, di Olimpico, Roma. Ya, Park  saat itu gagal membawa Manchester United mengangkat Si Kuping Lebar, sebutan trofi juara di Liga Champions, untuk dua musim beruntun.

Bersama Park, The Red Devils, julukan United, keok dua gol tanpa balas atas Barcelona. Ya, Park hanya puas jadi pemain Asia pertama yang merasakan atmosfer final Liga Champions. Lalu, dini hari nanti WIB, Son yang gantian memaksa orang-orang Korsel termasuk Park untuk  bangun jam 4 pagi waktu setempat.

Bedanya Sonny, sapaan akrab Son, masih memberikan publik Korsel kans bintangnya di Liga Champions mengangkat trofi juara dalam final Tottenham Hotspur melawan Liverpool, di Wanda Metropolitano, Madrid. ”Merekalah (orang Korsel) alasan saya memberikan 100 persen di final,” sebut Son, dikutip The Guardian. Son berpeluang jadi pemain Asia pertama yang bisa memenangi Liga Champions.

Pesepakbola terbaik Korsel tiga edisi itu menyebut Park sebagai motivasinya. ”Saya saat itu menontonnya sebagai fans, dan tentunya memimpikan semua yang terbaik. Bermimpi untuk memenangi sesuatu atau jadi pemain terbaik Asia. Begitu pula final Liga Champions yang tidak semua pemain Asia berkesempatan di sana,” tutur pemain terbaik Spurs musim ini tersebut.

Maklum Son belum pernah meraih apapun di level klub selama empat musim di Enfield, kamp latihan Spurs. Bandingkan dengan Park dengan sembilan trofi saat empat musim pertama bersama United. ”Saya tak akan terbebani. Saya hanya ingin menikmatinya laga terpenting ini,”  sambung winger 26 tahun itu.

Bukan hanya melebihi capaian Park, Son juga bisa melengkapi musim briliannya dengan  juara Liga Champions. Saat awal-awal musim dia sukses membawa Korsel memenangi emas di cabor sepak bola Asian Games di Bandung. Dia harus merelakan awal musimnya bagi tim yang berjuluk The Liliwhites itu.

Ambisi Son itu bisa memberi peluang pemain dari luar Eropa-Amerika untuk merasakan manisnya pesta juara Liga Champions. Bukan hanya dari Asia, begitu pula pemain yang berasal dari negara-negara Afrika. Sudah enam musim belum ada pemain Asia yang mampu memegang trofi juara Liga Champions.

Setelah era trio Afrika Chelsea, John Obi Mikel, Salomon Kalou, dan Didier Drogba, tak ada lagi pemain dari Benua Hitam yang berhasil naik podium juara Liga Champions. Di musim lalu, Mohamed Salah dan Sadio Mane juga gagal melakukannya. Di final keduanya tak mampu  membekuk Real Madrid di NSC Olimpiyskiy, Kiev.

Hanya Mane yang sukses mencatatkan namanya di papan skor. Sementara, Salah yang di musim itu fenomenal setelah menyabet Golden Boot Premier League, hanya berada di lapangan selama 31 menit sebelum mengalami cedera setelah terlibat duel dengan Sergio Ramos. ”Ketika itu mentalitas kami sangat sangat buruk. Ketika saya ditarik keluar saya pergi ke dressing room dengan menangis. Sebab saya merasa Liga Champions sudah berakhir, begitu pula Piala Dunia. Itu sangat berat bagi saya,” ungkap Salah.

Musim ini, Salah tak segarang musim lalu di Liga Champions. Musim lalu, Salah sukses mengoleksi 10 gol saat main di final. Musim ini, hanya empat gol yang dia koleksi ketika dapat kembali ke final Liga Champions. ”Saya tahu, dia (Salah) tak sabar bermain di final. Tentu saja, ini bakal jadi motivasi terbesanya dan dia akan menunjukkan apa yang dia bisa lakukan di final Liga Champions,” klaim kapten Liverpool Jordan Henderson, seperti yang dikutip di Liverpool Echo.

Selain Salah dan Mane, ada empat pemain lainnya yang berasal dari Afrika. Dua pemain dari The Reds, julukan Liverpool. Dua lainnya dari Spurs. Selain Salah dan Mane, di Liverpool juga ada Joel Matip dan Naby Keita. Sedangkan, dua wakil Afrika dari Spurs ada Serge Aurier dan Victor Wanyama. (ful)

 

 

About Syaiful Amri

Check Also

Cile 4 vs Jepang 0 : Start Mulus Juara Bertahan

FIN.CO.ID, SAO PAOLO – Juara bertahan Cile menjalani start sempurna di Copa America 2019. Melawan ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com