Breaking News

Golden Boot ke-6 untuk Messi, Rekor Hebat Obat Pelipur Lara

FIN.CO.ID, BARCELONA – Megabintang Barcelona, Lionel Messi, hampir dipastikan menyabet penghargaan Sepatu Emas (Golden Boot) Eropa pada musim 2018-2019.Penghargaan prestisius ini menjadi obat pelipur lara bagi Messi pasca kekalahan di semi final Liga Champions, dari Liverpool.

Berkat tambahan dua gol ke gawang Eibar pada jornada 38 La Liga, Messi total sudah mengoleksi 36 gol sepanjang musim ini. Dengan 36 gol, penyerang asal Argentina itu mengumpulkan poin 72. Poin itu didapat dari perhitungan jumlah gol dikali dua. Jumlah perkalian sendiri berbeda di setiap negara berdasarkan peringkat liga. (selengkapnya lihat infografis)

Sebelumnya, Messi mendapat saingan dari striker PSG Kylian Mbappe. Sang Wonderkid mampu mencetak satu gol ketika PSG kalah dari Reims 1-3 dini hari tadi. Hasilnya, Mbappe total mencetak 33 gol di Ligue 1 musim ini, kalah delapan poin dengan Messi.

Selain Mbappe, Messi mengungguli striker Sampdoria, Fabio Quagliarella yang telah mengoleksi 26 gol masih menyisakan satu pertandingan, yakni melawan Juventus pada akhir pekan ini. Namun sepertinya selisih keduanya sudah terlalu jauh dan mustahil dikejar. Fabio berada di urutan ketiga dengan mengumpulkan 52 poin.

Nama lain yang menjadi pesaing Messi adalah striker Kasimpasa Mbaye Diagne yang berada di urutan ke empat. Penyerang Senegal ini mengoleksi 30 gol dan 45 poin di Liga Super Turki. Diantara 10 besar, hanya poin Mbaye yang dikali 1,5. Meski menang empat gol dari Fabio Quagliarella sekalipun.

Tiga nama lainya yang memperoleh poin sama yakni Robert Lewandowski (Bayern Munich), Sadio Mane (Liverpool) dan Striker Atalanta, Duvan Zapata. Ketiganya sama-sama mengoleksi 22 gol dengan poin 44.

Seteru abadi Messi, Cristiano Ronaldo, hanya berada di posisi ke-14 dengan total 21 gol dan 42 poin. Ronaldo berada di bawah Luke De Jong (PSV, 28 gol, 42 poin), Dusan Tadic (Ajax, 28 gol, 42 poin), Nicolas Pepe (LOSC Lille, 22 gol, 44 poin), dan Mohammed Salah (Liverpool, 22 gol, 44 poin) yang berada di posisi 10.

Ini menjadi gelar pencetak gol terbanyak Eropa keenam kalinya dalam karier Messi. Sebelumnya, La Pulga sukses memenangi penghargaan ini pada musim 2009-10, 2011-12, 2012-13, 2016-17, 2017-18 dan 2018-2019.

Messi menjadi pemain tertua kedua yang memenangi penghargaan sepatu emas Eropa, hanya kalah tua dengan selisih satu bulan dari Hugo Sanchez ketika meraih penghargaan ini pada 1990 silam.

(fin/tgr)

About Redaksi FIN

Check Also

Persebaya vs Madura United: Bangkit Lewat Lawan Favorit

FIN.CO.ID, JAKARTA  Madura United adalah lawan favorit bagi Persebaya Surabaya. Buktinya, Persebaya tak pernah kalah ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com