Breaking News

Penyakit Langka: Alice in Wonderland Syndrome

Ilustrasi: Pixabay

FIN.CO.ID – Alice in Wonderland adalah sebuah kisah petualangan karakter utama bernama Alice di dunia imajinasi, di mana ia beberapa kali menemukan dirinya membesar dan mengecil dalam beberapa adegan di dalam film tersebut.

Namun sudah tahukah Anda jika di dunia ini, ada nama sebuah penyakit langka, yang diambil dari film berdasarkan buku klasik milik penulis Lewis Caroll tersebut?

Menurut Medical News Today, penyakit yang diberi nama Alice in Wonderland Syndrome (AIWS) itu, adalah penyakit yang menyerang fungsi kerja otak penderitanya.

Hal ini lah yang kemudian merubah persepsi penderitanya tentang ukuran, baik ukuran benda di sekitarnya maupun dirinya sendiri. Penderita AIWS juga disebut dapat menyebabkan sensasi tubuh yang membesar,membuat benda di sekelilingnya seolah mengecil. Demikian sebaliknya.

Gejala ini sendiri seringkali terjadi pada malam hari, sebagaimana yang dilaporkan dalam Journal of Pediatric Neuroscience, tentang anak laki-laki berusia 6 tahun, yang mulai menunjukan gejala AIWS ketika dirinya berada dalam ruangan gelap, tidak kurang dari 15 menit.

Meski penyebab utamanya belum bisa dipastikan, namun kondisi ini dikaitkan dengan beberapa jenis kondisi seperti epilepsi, tumor otak, virus Epstein-barr dan penggunaan obat-obatan jenis psikoaktif.(ruf/fin)

About Makruf

Check Also

Adobe Siapkan Fresco untuk iPad

FIN.CO.ID – Adobe dikabarkan tengah mempersiapkan aplikasi menggambar dan melukis bernama Adobe Fresco, yang rencananya ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com