Jelang Lebaran, Pemkot Buka Pasar Murah

mengecek barang yang dijual di pasar murah di Stadion Betoambari, kemarin.FOTO: ASMAR/BUTON POS

FIN.CO.ID, BAUBAU – Sudah menjadi agenda rutinitas setiap tahun Pemkot Baubau membuka pasar murah di beberapa tempat. Harga yang ditawarkan kepada masyarakat relatif lebih murah.

Demikian dikatakan Wakil Wali Kota Baubau, La Ode Ahmad Monianse dalam sambutannya, Selasa (21/5). Ia mengungkapkan, adanya pasar murah untuk memenuhi kebutuhkan pokok masyarakat sebelum lebaran. Kata dia, biasanya jelang lebaran beberapa komoditas dan pangan mengalami banyak permintaan.

Dikatakan pula, selain penyediaan berkurang juga berdampak meroketnya harga komoditas di pasaran. Sehingga dikhawatirkan daya beli masyarakat bisa menurun. Maka itu Pemkot mengantisipasi agar tidak terjadi kelangkaan dengan menggelar pasar murah di beberapa tempat.

“Seperti yang saya katakan tadi, didedikasikan kepada seluruh masyarakat Kota Baubau. Yang pastinya harga yang ditawarkan akan lebih berbeda dengan harga-harga di pasaran,” kata Ahmad Monianse di Stadion Betoambari, kemarin.

Ia menjelaskan, sesuai saran dari Wali Kota Baubau agar pasar murah juga dibuka di ujung kota seperti di Kelurahan Labalawa, Lealea dan Sorowolio. Dengan itu dapat membantu masyarakat, sehingga tidak mengeluarkan lagi biaya transportasi untuk mendapatkan bahan yang dibutuhkan masyarakat.

“Beliau juga ingin memikirkan bagaimana warga kota lainnya yang tidak bisa menjangkau pasar murah ini. Sehingga kita coba dekatkan itu ke tempat-tempat mereka. Sebagaimana tadi saya sampaikan di tiga tempat yang disarankan,” jelasnya.

Ia menyebutkan, adapun tempat tersebut untuk wilayah selatan yakni Labalawa dan Waborobo, wilayah timur yakni Gonda dan di wilayah utara di Lealea. Masyarakat dihimbau agar bersikap bijak dalam berbelanja dalam pasar murah. Mengambil barang yang diperlukan dan memperhatikan harga sesuai daftar yang dibuat.

“Kalau yang kita beli adalah yang kita inginkan selain memang akan menguras kantong juga pasti sehingga berkontribusi pada inflasi daerah,” tukasnya.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Baubau, Radjlun menambahkan, pasar murah akan dibuka selama 10 hari di beberapa tempat diantaranya, stadion Betoambari, Kotamara dan lembah hijau, masing-masing selama tiga hari.

“Selain itu dirangkaikan dengan pembagian kupon kepada kaum dhuafa. Dan akan berbelanja di pasar murah ini karena harganya lebih murah dibandingkan dari harga-harga sebelumnya,” tambahnya.

Perlu diketahui, ada berbagai macam komoditas dan bahan pokok yang dijual, seperti tepung terigu merek Gerbang dijual Rp 10 ribu/kg, merek kompas Rp 9,5 ratus/kg, teko merah Rp 9 ribu/kg dan gatot kaca Rp 4 ribu/kg. Termasuk tepung beras ketan rose brand Rp 8,5 ratus/kg, minyak goreng, rose brand Rp 11 ribu satu liter.

(m2)