Breaking News

Piala Sudirman, Inggris Sudah Pasti Beda Level

FIN.CO.ID – Tidak ada guru yang lebih baik daripada pengalaman. Rasa trauma kalah di pertandingan pertama Piala Sudirman 2017 membuat skuad Indonesia super hati-hati kali ini. Meski lawannya hanya Inggris, tim merah putih tidak mau main-main. Line-up horor dikeluarkan. Pemain berperingkat terbaik dikerahkan. Hasilnya, di Guangxi Sports Center Gymnasium, Nanning, kemarin, Anthony Sinisuka Ginting dkk menang telak 4-1.

 

Sejak awal, tim pelatih sudah memasang Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo untuk menghadapi Marcus Ellis/Chris Langridge. Menyusul kemudian, Gregoria Mariska Tunjung. Lalu, Ginting memastikan kemenangan Indonesia di partai ketiga. Greysia Polii/Apriyani Rahayu menambah kemenangan. Semua menunjukkan level dan kualitas yang jauh di atas pemain Inggris. Rata-rata menang straight game dengan skor mencolok.

 

Hanya Praveen Jordan/Melati Daeva yang gagal memperbesar margin kemenangan. Mereka kalah oleh Chris Adcock/Gabrielle Adcock di partai penutup. Itu pun bukan hal yang mengejutkan, karena level suami-istri Adcock ini sejatinya mirip dengan Praveen/Melati.

 

”Sudah sesuai prediksi kalau ganda campuran paling ramai (ketat, red). Rekor pertemuan juga imbang, dan pasutri Adcock ini lebih berpengalaman,” kata Susy Susanti, manajer tim Indonesia. Meski begitu, tim kecewa dengan hasil ini. Sebab, para pemain Inggris sering mengganggu konsentrasi pemain Indonesia dengan berbagai cara. Termasuk cara-cara yang kurang sportif.

 

Seperti pada partai pertama. Sepanjang pertandingan, Marcus/Kevin berkali-kali dibuat kesal oleh tingkah pasangan peringkat ke-17 dunia itu. ”Sering buang-buang waktu. Tali keluar sedikit langsung minta waktu benerin. Dikit-dikit minta lapangan dilap,” keluh Marcus usai pertandingan. Minionssebutan Marcus/Kevinharus bekerja keras menahan kesabaran.

 

Hampir semua sektor suka mengulur-ulur waktu dan meminta jeda saat tim Merah Putih sedang di atas angin. Selain yang dikeluhkan Marcus, hal serupa tampak di partai ganda campuran. Pasangan Adcock sering minta break saat Praveen hendak servis. Lalu, ketika permainan sudah berjalan, mereka sering mengangkat tangan untuk protes.

 

“Padahal dari pengumpulan poin kami selalu unggul. Cuma anak-anak sering terganggu dengan ulah lawan yang mengganggu,” kata Richard Mainaky, pelatih ganda campuran pelatnas. Richard mencontohkan pada game kedua. Praveen servis ke arah Gabrielle. Menurut Richard, servis Praveen memang sedikit lebih awal. Tapi sudah posisi play. Gabrielle baru mengangkat tangan. ”Itu nggak sekali dua kali,” omel Richard.

 

Praveen, sementara itu, tak kalah kecewa dengan hasil kemarin. Apalagi, pada game pertama, dia dan Melati sempat unggul jauh. Tapi ketika posisi 17-17, mantan pasangan Debby Susanto itu kehilangan konsentrasi. ”Kami kurang antisipasi servis mereka. Juga terpengaruh dengan kondisi shuttlecock,” ucapnya dengan raut kesal.

 

Meski kurang puas lantaran gagal sapu bersih, kemenangan ini tetap berharga. Ginting dkk makin percaya diri menyongsong pertandingan kedua grup 1B melawan Denmark Rabu nanti (22/5). Denmark, tentu jauh lebih kuat dari Inggris. Sektor tunggal putra dan ganda putranya cukup mengerikan. Tim pelatih harus menyusun strategi yang lebih jitu.

 

Dalam dua hari ke depan, tim akan tetap menjalani latihan setiap hari. Dari 15 kali penyelenggaraan Piala Sudirman, sudah 13 kali Indonesia bertemu Denmark. Jadi sudah sedikit banyak paham karakter para pemainnya. ”Yang tidak kalah penting, jaga kondisi. Karena Nanning ini panas sekali. Sedangkan di dalam ruangan dingin sekali. Jangan sampai ada yang drop,” kata Susy. (na/ful)

 

About Syaiful Amri

Check Also

Persebaya vs Madura United: Bangkit Lewat Lawan Favorit

FIN.CO.ID, JAKARTA  Madura United adalah lawan favorit bagi Persebaya Surabaya. Buktinya, Persebaya tak pernah kalah ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com