Rully Nere Bakal Coret 5 Pemain Garuda Pertiwi

FIN.CO.ID, JAKARTA – Pelatih Tim Nasional (Timnas) Sepak Bola Wanita Indonesia, Rully Nere sudah bersiap mengambil ancang-ancang untuk membentuk kerangka tim Garuda Pertiwi.

Keputusan tersebut dipastikan membuat Rully Nere bakal mencoret beberapa pemain dari 37 pemain yang menjalani seleksi sekaligus pemusatan latihan (TC) di Sidoarjo, Jawa Timur sejak 11 Mei 2019 lalu. Rully Nere juga berencana memaulngkan beberapa pemain tersebut dalam waktu dekat ini.

Menurut pelatih kelahiran Papua, 13 Mei 1957 itu, keputusan untuk secepatnya membentuk kerangka tim lantaran dirinya tak ingin membuang-buang waktu untuk mempertahankan pemain yang tidak sesuai dengan visi bermain tim yang telah ada.

“Pemantauan dan penilaian kepada pemain terus kami lakukan. Ada beberapa pemain yang harus kami pulangkan karena tidak memenuhi kriteria pemain yang kami butuhkan. Seleksi ini sekaligus juga untuk membentuk kerangka tim,” ungkap Rully Nere di Jakarta, Selasa (14/5) kemarin.

Pelatih yang kini berusia 62 tahun itu mengatakan bahwa dari penilaian dan pemantauan yang dilakan tim pelatih selama seleksi dan TC ini, dirinya sudah menemukan beberapa pemain yang bakal dipulangkan.

Hal itu menurutnya, dinilai dari segi fisik dan mental pemain. Akan tetapi, Rully Nere tidak menyebutkan siapa saja pemain yang bakal dicoret dan dipertahankan.

“Dari hasil penilaian tim pelatih selama tiga hari menjalani latihan, sudah terlihat mana pemain yang bisa dipertahankan dan mana yang harus dipulangkan, baik secara fisik maupun mental ketika berada di lapangan. Semakin sedikit maka semakin efektif latihan dilaksanakan,” terang Rully Nere.

Tanpa menyebutkan namanya, Rully mengatakan bakal ada lima pemain yang dicoret dari berbagai sektor. Seperti, gelandang, bertahan, penyerang maupun penjaga gawang.

“Seleksi yang berjalan pun akan berjalan kompetitif untuk pemain, apalagi tim pelatih terus mengingatkan bahwa bukan jaminan bagi pemain yang telah memperkuat Timnas sebelumnya secara otomatis akan terpilih kembali dalam tim,” tukas pelatih yang merupakan salah satu pemain sepak bola legendaris Indonesia itu.

Sementara itu salah satu pemain seleksi dan pemusatan latihan Timnas Wanita Indonesia, Prihartini mengakui bahwa para pemain yang mengikuti TC tersebut memiliki performa yang baik.

Namun, pemain sepak bola wanita asal Banten itu mengaku akan berusaha memberikan yang terbaik dalam TC tersebut demi menjadi bagian Timnas Wanita Indonesia di ajang Piala AFF Wanita 2019 yang bakal bergulir di Thailand 15-27 Agustus mendatang.

“Yang ikut seleksi di sini memang bagus-bagus ya. Mereka punya kelebihan masing-masing. Kita harus benar-benar bekerja keras dan menunjukkan yang terbaik jika ingin terpilih. Dan yang pasti harus bersaing secara sportif, siapapun yang terpilih, berarti itu yang terbaik,” tutur Prihartini.

Seperti diketahui, TC ini digelar sebagai ajang persiapan menjelang Piala AFF Wanita 2019 di Thailand 15-27 Agustus mendatang. Dalam ajang tersebut Indonesia tergabung dalam grup B bersama Myanmar, Vietnam dan Kamboja.

(gie/fin/wsa)