Persija Jakarta Vs Shan United: Macan Tetap Incar Kemenangan

Pelatih Persija Ivan Kolev usai menjalani konferensi pers jelang melawan Shan United di Piala AFC 2019. Foto: Fajar Indonesia Network

FIN.CO.ID, JAKARTA – Persija Jakarta bakal menjalani laga terakhir babak penyisihan Grup G Piala AFC 2019 menghadapi Shan United di Stadion Utama Gelora Bung Karno SUGBK, Senayan, Jakarta, Rabu (15/5) malam ini.

Meski laga tersebut tak mempengaruhi hasil bagi Macan Kemayoran, namun Ismed Sofyan dan kawan-kawan diyakini akan tetap tampil maksimal demi meraih kemenangan di hadapan pendukungnya sendiri.

Ya, seperti diketahui, Persija sudah dipastikan tersingkir dalam turnamen paling bergengsi antar klub di Asia tersebut. Kekalahan 1-3 di kandang Shan United di partai sebelumnya membuat klub berjuluk Macan Kemayoran itu hanya meraih empat poin dan dipastikan terhenti di fase grup.

“Besok laga terakhir kita di Piala AFC. Kita tahu laga ini sudah tak menentukan, namun kami tetap menganggap pertandingan ini penting. Apalagi kita perlu menjaga nama Persija di Indonesia,” tutur pelatih Persija, Ivan Kolev dalam jumpa wartawan sebelum pertandingan di Jakarta, Selasa (14/5) kemarin.

Kepercayaan diri pelatih yang pernah menangani Timnas Indonesia itu untuk bisa meraih kemenangan bertambah lantaran diakuinya saat ini timnya lebih lengkap dari laga-laga sebelumnya.

Pelatih asal Bulgaria itu mengakui, meski saat ini masih ada dua pemain yang harus absen. Namun hal itu berbeda dari laga-laga sebelumnya dimana diakuinya empat hingga enam pemainnya yang terpaksa haru absen.

“Sekarang saya bisa lebih lega karena hanya dua pemain (Dany Saputra dan Marko Simic, red) saja yang harus absen. Berbeda dengan laga sebelumnya, saya harus pusing karena selalu ada empat hingga enam pemain yang absen,” tuturnya.

Ivan Kolev meyakini jika timnya lengkap seperti ini sejak laga-laga sebelumnya, dirinya akan mampu membawa Persija ke babak berikutnya. “Padahal jika tim lengkap seperti ini saya yakni kita bisa masuk semifinal,” tegas Kolev.

Dalam laga tersebut, pelatih Shan United, Aung Naing mengatakan bahwa dirinya tidak akan menurunkan beberapa pemain intinya karena cedera. Namun Kolev enggan menanggapi hal tersebut. Menurutnya ia hanya ingin fokus untuk bisa meraih kemenangan dalam laga tersebut.

“Jangan percaya terlalu banyak. Ia bisa bicara begitu, tapi pasti memainkan skuat terbaiknya. Saya pun ingin memakai pemain yang dalam kondisi terbaik, apalagi tidak ada pilihan terlalu banyak. Meski kami sayangkan kita tak bisa memainkan Dany (Saputra) dan (Marko) Simic, namun saya pikir pemain lainnya juga siap,” tukas Kolev.

Hal serupa juga diungkapkan salah satu pemain Persija Jakarta, Steven Paulle. Pemain asal Prancis itu berharap menutup laga ini dengan kemenangan.

“Kami berusaha dan akan bermain enjoy. Kami ingin mengakhirinya dengan hasil yang baik di depan suporter. Itu saja, yang jelas kami akan enjoy dan mencoba menang,” ujar Paulle di temapt yang sama.

Sementara itu, Pelatih Shan United, Aung Naing mengaku bahwa timnya akan memberikan yang terbaik dalam laga tersebut. Ia mengaku menekankan kepada anak asuhnya untuk tidak menyerah sebelum bertanding.

“Kami tak memiliki ekspetasi lebih dalam laga nanti. Namun, kita akn mencoba memberikan yang terbaik. Meski ini laga terakhir, kami akan memberikan yang terbaik demi menjaga image di Piala AFC,” tegasnya.

Sebagai informasi, dalam pertemuan pertama di Yangon, Myanmar, Persija menelan kekalahan atas Shaun United dengan skor 1-3. Di ajang ini, Persija sendiri memang tampil kurang maksimal. Persija, hanya mampu meraih satu kemenangan, satu hasil seri, dan tiga kekalahan. Hasil tersebut, hanya mampu meraih empat poin dan berada di tempat ketiga klasemen grup G.

(gie/fin/wsa)