Gawat, Manchester City Terancam Absen di Liga Champions

FIN.CO.ID, MANCHESTER – Kabar buruk bagi penggemar Manchester City. Klub yang baru saja menjuarai Premier League itu terancam absen di Liga Champions untuk satu musim.

Saat ini, otoritas sepakbola Eropa UEFA sedang menginvestigasi laporan keuangan yang disusun oleh Manchester City. Investigasi ini menindaklanjuti laporan media Jerman Der Spiegel yang memuat laporan keuangan City yang dianggap janggal.

Der Spiegel adalah salah satu media dengan reputasi laporan investigasi yang kredibel. Selama ini Der Spiegel dikenal sebagai media media yang intens mengungkap kasus pelanggaran pajak yang dilakukan oleh beberapa pemain bintang. Termasuk di antaranya pemain-pemain yang bermain di klub La Liga dalam beberapa tahun terakhir.

Der Spiegel menuduh Manchester City terlibat dalam upaya penggelapan dana senilai 70 juta pounds dari Abu Dhabi United Group.

Sementara itu The Sun melaporkan, saat ini para pejabat UEFA sedang melakukan pembahasan soal laporan keuangan Manchester City. Pembahasan sudah dilakukan sejak dua pekan yang lalu. Hasilnya, ada hal yang dinilai cukup mencurigakan pada laporan keuangan tersebut.

Nah, UEFA sendiri telah menunjuk Yves Leterme. Dia adalah Perdana Menteri Belgia, yang tugasnya adalah memimpin dewan kontrol yang fokus utamanya melakukan investigasi atas kasus ini. Yves Leterme dan timnya akan bekerja hingga beberapa pekan ke depan.

Kasus yang dihadapi oleh Manchester City ini adalah kasus yang sangatserius. Pasalnya, ada ancaman hukuman yang sangat berat jika tuduhan ini benar adanya. Dan, jika penyelidikan ini ternyata membuktikan City melakukan kejahatan, maka Manchester City bakal dijatuhi hukuman larangan ikut serta satu edisi Liga Champions.

Jika nantinya tuduhan itu benar dan Manchester City mendapat sanksi dilarang tampil di Liga Champions musim 2019/20, maka ini ini akan jadi berkah bagi Arsenal. Sebab, Arsenal yang akan jadi pengganti posisi Man City.

Arsenal sendiri mengakhiri musim 2018/19 dengan berada di posisi ke-5 klasemen Premier League. Mereka tidak berada di zona tim yang akan lolos ke Liga Champions sebagai wakil klub Premier League.

Namun, saat ini The Gunners-julukan Arsenal punya dua peluang lolos ke Liga Champions. Pertama, mereka harus menjadi juara Europa League di mana di laga final, Arsenal akan berjumpa Chelsea. Cara kedua, jika Arsenal gagal menjadi juara Europa League, tapi Manchester City mendapat sanksi dari UEFA untuk larangan tampil di Liga Champions karena dianggap melakukan pelanggaran laporan keuangan klub.

Manchester City baru saja merayakan sukses mereka meraih gelar Premier League tahun ini. Gelar ini mereka raih setelah dipaksa berjuang hingga pekan terakhir oleh Liverpool. Selain menjuarai Premier League, The Citizens juga masih berpeluang merebut Piala FA setelah di final nanti mereka akan melawan Watford. City sangat diunggulkan juara pada laga di Wembley tersebut dan merebut treble musim ini.

(wsa/fin)