Breaking News
Petugas (KPPS) sedang meriksa kotak suara, sebelum menggelar simulasi pemungutan dan pencoblosan surat suara Pemilu 2019 di Taman Surapati, Menteng, Jakarta, Rabu (10/4/2019).Simulasi pemungutan suara ini untuk meminimalisasi kesalahan dan kekurangan saat pencoblosan pemilu pada april nanti. FOTO: Fasial R Syam / FAJAR INDONESIA NETWORK.

Ini Mekanisme Pemungutan dan Penghitungan Suara di TPS

FIN.CO.ID – Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Hasyim Asy’ari menjelaskan penetapan waktu pemungutan dan penghitungan suara di TPS saat Pemilu serentak, Rabu 17 April 2019.

Dia mengatakan Pemungutan suara di TPS dilaksanakan pada hari Rabu 17 April 2019 pada pukul 07.00-13.00 waktu setempat. “Dalam hal pukul 13.00 waktu setempat masih terdapat antrean pemilih yang belum memilih, maka pemilih masih dapat dilayani dengan syarat pemilih sudah mendaftar/menulis di daftar hadir (Formulir C7) sebelum jam 13.00 waktu setempat,” ujar Hasyim di Jakarta, Senin (15/04).

Adapun penghitungan suara di TPS dilaksanakan mulai jam 13.00 waktu setempat setelah proses pemungutan suara selesai. “Penghitungan suara di TPS harus selesai pada hari yang sama dengan hari pemungutan suara yakni Rabu 17 April 2019 jam 24.00 waktu setempat,” jelas Hasyim.

Sementara itu, dalam hal penghitungan suara belum selesai, dapat diperpanjang tanpa jeda paling lama 12 jam sejak berakhirnya hari pemungutan suara atau maksimal harus selesai pada hari Kamis 18 April 2019 jam 12.00 waktu setempat.(rh/fin)

About Rizal

Check Also

Terkait Real Count Pemilu 2019, Begini Komentar PDIP

FIN.CO.ID – PDI Perjuangan meminta semua pihak untuk bersama-sama mengawal penghitungan suara riil atau “real ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
error: ga boleh copy paste boss