Survei Poltracking: Jokowi 53,3 Persen, Prabowo 39,7 Persen

KPU RI menyelenggarakan debat kandidat kedua yang berlangsung di Ballrom Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2). Pada debat yang menjadi perhatian publik ini, KUP membagi enam sesi, termasuk sesi tanya jawab.(FOTO FAJAR INDONESIA NETWORK)

FIN.CO.ID – Lembaga survei Poltracking Indonesia merilis hasil survei sehari menjelang masa tenang kampanye politik. hasilnya, pasangan 01 Jokowi-Ma’ruf Amin meraih 53,3 persen mengungguli Pasangan 02 Prabowo-Sandi 39,7 persen.

“Hasil survei dilakukan pada 1-8 April 2019 secara serempak 34 provinsi di Indonesia. Survei ini menggunakan metode multistage random sampling. Jumlah sampel 2.000 responden dengan marjin of error 2,2 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen,” kata Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia, Hanta Yuda di Jakarta, Sabtu (13/04).

Hanta menjelaskan bahwa dalam simulasi pernyataan melalui kertas suara pasangan Jokowi-Ma’ruf mendapat angka 53,3 persen mengungguli pasangan Prabowo-Sandi 39,7 persen dengan “undecided voters” sebesar 7,0 persen.

Sementara itu berdasarkan peta geografis kelompok pulau-pulau besar di Indonesia, basis suara Jokowi-Ma’ruf terletak Jawa Timur 60,9 persen, Jawa Tengah dan Yogyakarta 67,4 persen, Kalimantan 70 persen, serta Bali-Nusa 78 persen. “Adapun pasangan Prabowo-Sandi menguasai peta elektoral di Sumatera 54,5 persen, Banten-DKI Jakarta 56,7 persen dan Jawa Barat 57,2 persen,” jelasnya.

Sedangkan berdasarkan peta demografis, lanjut Hanta, pemilih muslim cenderung berimbang dalam menentukan hak suara kepada kedua kandidat pasangan calon presiden dan wakil presiden tersebut. Jokowi-Ma’ruf memperoleh 47,9 persen dan Prabowo-Sandi 44,9 persen. “Dari data ini kita bisa melihat suara umat muslim seimbang ada pada kedua pasangan calon,” terangnya. Hanta menuturkan yang terpenting dalam pesta demokrasi adalah pemilu berjalan lancar, damai jujur, adil dan menghasilkan pemerintahan yang dapat menjaga marwah Indonesia.(rh/fin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here