Polda Metro Jaya Kerahkan 5.000 Personel Gabungan Amankan Debat Pilpres Keempat

Pada Minggu, Jakarta, (17/2/2019) malam ini dua calon presiden yaitu Joko Widodo dan Prabowo Subianto akan saling beradu pandangan dalam debat perdana capres-cawapres di Pilpres 2019. Untuk debat kedua di Pilpres 2019, KPU memilihkan tema energi, pangan, sumber daya alam dan lingkungan hidup, serta infrastruktur. FOTO: Faisal R Syam / FAJAR INDONESIA NETWORK.

FIN.CO.ID, JAKARTA – Polda Metro Jaya memastikan area Hotel Shangri-La Jakarta yang digunakan sebagai tempat debat keempat pilpres 2019 dalam kondisi aman. Sebanyak 5.000 personil gabungan dan dari aparat TNI-Polri dan Satpol PP Pemprov DKI Jakarta diterjunkan dalam pengamanan, Sabtu (30/3) malam nanti. Di sisi lain, aparat juga menerjunkan pasukan anjing K9. Hal ini untuk mengantisipasi ancaman teror.

“Jadi, untuk pengamanan nanti kita sudah rapat koordinasi dengan KPU, TNI, Kodam. Hasilnya, kegiatan itu akan dilaksanakan di Hotel Shangri-La,” terang Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono kepada wartawan, Kamis (28/3).

Lebih lanjut, Argo menegaskan pihaknya belum mendapat informasi kemungkinan pergerakan massa pendukung kedua pasangan calon dalam jumlah besar. Meski demikian, para personel tetap mengantisipasi hal itu.

“Pola pengamanan kita masih sama dengan sebelumnya, yakni kita buat ring satu sampai ring empat. Dan nanti setiap ring itu akan kita tempatkan masing-masing personel yang telah disiapkan,” ujar Argo.

Argo menjelaskan, untuk pengamanan di ring satu selain dari personel yang ada akan dijaga pula oleh tim Paspampres. Dibagian ring satu ini, diakui Argo, pihaknya memastikan ruangan tersebut steril karena merupakan lokasi debat yang diisi oleh dua Capres, pendukung kedua Capres, dan tamu VIP yang dikeluarkan KPU.

“Tentunya, masuk ke ring 1 ini melalui pintu sterilisasi. Dan pasti, tamunya sudah disesuaikan dengan kapasitas ruangan. Kita akan pastikan semuanya orang yang mau masuk dicek, ada id card yang sudah dikeluarkan KPU, tanpa idcard boleh masuk disana,” jelasnya.

Ia menambahkan, pengamanan ring 2 ditempatkan di sekitar area parkir basement. Di ring ini nantinya, akan disiapkan personel TNI-Polri. Kemudian, di ring 3 itu di sekitar hotel termasuk masuk ke hotel, dan jalan di depan hotel. “Untuk ring tiga personel yang jaga dari Polri,” ucap Argo.

Terakhir, kata Argo, pengamanan ring 4 yang merupakan jalan mau menuju ke lokasi, yakni ruas jalan raya, dan sejumlah lokasi persimpangan. “Intinya, di ring 4 ini semuanya kita atur agar jangan sampai ada kemacetan yg panjang,” ungkapnya.

“Nanti yang akan mengatur dari Dirlantas dengan menggunakan kekuatannya untuk mengatur, nanti setiap personelnya akan ditempatkan di berbagai titik jangan sampai ada kemacetan. Adapunnanti apakah ada pengalihan arus, contraflow, buka tutup (rekayasa lalu lintas), situasional,” terangnya.

Terpisah, Karopemnas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo menyampaikan, pihaknya tentu akan meningkatkanpengamanan debat Capres keempat agar berjalan lancar, aman dan tertib, serta mengantisipasi insiden yang tidak diinginkan, seperti ledakan yang terjadi di debat kedua.

“Dan langkah antisipasi kita pastikan sudah dilakukan oleh Polda Metro yang kami rasa sudah pengalaman dalam pengamanan debat tersebut. Dan Mabes Polri akan memback up saja,” tandasnya.

(mhf/fin/tgr)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here