OTT di Jakarta, Satu Mobil dan Uang Dolar Diamankan KPK

Petugas KPK

FIN.CO.ID, Jakarta- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyebutkan,  operasi tangkap tangan (OTT) di Jakarta, Rabu (27/3) malam, terkait distribusi pupuk.

“Transaksi ini atau dugaan penyerahan uang tersebut itu diindikasikan terkait dengan distribusi pupuk yang menggunakan kapal,” kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah di gedung KPK, Jakarta, Kamis dini hari.

Namun, ia belum bisa menjelaskan lebih lanjut apakah distribusi pupuk tersebut merupakan pupuk bersubsidi.

“Saya belum dapat informasinya tetapi yang pasti ada kebutuhan distribusi pupuk dari salah satu BUMN yang memproduksi dan mengelola pupuk menggunakan kapal pihak swasta. Diduga transaksi yang terkait dengan itu,” tuturnya.

Untuk diketahui, KPK total mengamankan tujuh orang,  terdiri atas unsur direksi BUMN, swasta, dan pengemudi.

“Tentu saja pihak-pihak yang diamankan ini adalah mereka yang terkait dengan distribusi produksi dan distribusi pupuk tersebut,” ucap Febri.

KPK sangat menyayangkan jika dilihat dari objeknya tersebut terkait dengan distribusi pupuk.

“Jadi, jika ada transaksi di sana tentu saja kepentingan yang lebih besar untuk distribusi pupuk ini kemudian terganggu,” kata dia.

Selain itu, komisi antiarasuah ini juga mengamankan barang bukti berupa sebuah mobil dan uang pecahan rupiah dan dolae AS.

“Itu (mobil) salah satu barang bukti awal yang juga kami amankan, karena kami mengamankan ‘driver’ yang membawa mobil tersebut sekaligus berada di lokasi.  Kami bawa ke kantor KPK untuk kebutuhan pemeriksaan  lebih lanjut,” kata Febri.

KPK menduga telah terjadi transaksi atau dugaan penyerahan uang yang diindikasikan terkait distribusi pupuk menggunakan kapal.

Namun Febri belum bisa menjelaskan lebih lanjut apakah distribusi pupuk tersebut merupakan pupuk bersubsidi. (ant/fin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here