Breaking News

Pemilu Thailand Dimenangkan Partai Pro Militer

FIN.CO.ID, BANGKOK – Sebuah partai yang terkait dengan militer memimpin secara mengejutkan, dalam hasil pemilihan umum di Thailand pada Seni (25/3). Dari hasil pemungutan suara tersebut, dengan resmi mengarahkan pemerintah militer akan tetap berkuasa.

Namun, hasil kemenangan pungutan suara tersebut di curigai oleh dua partai politik besar di Thailand. Kedua partai itu menilai, bahwa ada keraguan terhadap hasil suara yang diraih oleh partai pro militer ini.

Keduanya pun menyatakan, masih belum pasti bahwa partai proksi militer akan mendapatkan cukup kursi di majelis rendah parlemen untuk Prayut Chan-o-cha untuk tetap sebagai perdana menteri.

Dengan sekitar 94 persen suara keseluruhan dihitung, jelas bahwa Pheu Thai, sebuah partai yang terkait dengan mantan perdana menteri yang diasingkan Thaksin Shinawatra yang loyalisnya telah memenangkan setiap pemilihan sejak 2001, telah jauh dari harapan. Namun, tampaknya masih memiliki kursi parlemen terbesar.

Pertunjukan kuat oleh Palang Pracharat yang pro-militer, mengejutkan para pemilih yang berharap pemilihan itu akan melonggarkan cengkeraman yang dipegang oleh elit tradisional dan militer, di negara yang memiliki salah satu ukuran ketimpangan tertinggi di dunia.

Banyak yang turun ke media sosial untuk menyuarakan kecurigaan mereka, tentang hasil pemilihan yang menurut para kritikus secara sistematis condong menguntungkan militer sejak awal.

Hashtag berbahasa Thailand yang diterjemahkan sebagai “Komisi Pemilihan Umum” dan “menipu pemilihan” menjadi tren di nomor satu dan tiga di Twitter di Thailand.

Banyak tweet yang merujuk pada ketidakkonsistenan antara jumlah pemilih dengan suara yang diberikan di beberapa daerah pemilihan. Beberapa mempertanyakan jumlah pemilih keseluruhan kurang dari 70 persen, yang jauh lebih rendah dari yang diharapkan.

“Ada kecurigaan tentang surat suara tambahan di mana jumlah surat suara lebih tinggi dari jumlah pemilih di beberapa distrik,” kata juru bicara Partai Pheu Thai, Ladawan Wongsriwong.

(der/cna/fin)

About Redaksi FIN

Check Also

Komputer Seharga Rp493.000 Bobol Data NASA

FIN.CO.ID, WASHINGTON – National Aeronautics and Space Administration (NASA) mengungkapkan, bahwa seorang peretas menggunakan komputer ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com