18, September, 2021

YLKI: Tak Ada Jaminan Keselamatan di Taksi Online

FIN.CO.ID – Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) menilai tak ada jaminan keamanan, keselamatan dan kenyamanan bagi penumpang taksi online. Ini menyusul terulangnya kejadian perampokan diduga dilakukan oleh seorang pengemudi taksi itu di Jakarta, pekan lalu.

“Kejadian semacam ini sudah berulang kali. Sudah beberapa kali, bahkan berujung pada pembunuhan. Ini bukti bahwa sama sekali tidak ada jaminan bahwa taksi online (daring) lebih aman, selamat dan nyaman bagi penumpangnya,” kata Ketua Pengurus Harian YLKI, Tulus Abadi, di Jakarta, Selasa (19/03).

Penegasan tersebut terkait dengan peristiwa perampokan dengan menggunakan pisau kater bermodus pengemudi taksi dalam jaringan (daring) dilumpuhkan dan diamankan aparat Jatanras Ditreskrimum Polda Metro Jaya di rest area KM 39 tol Jakarta-Cikampek, Sabtu dini hari pekan lalu.

“Pelaku NZ (25), berhasil ditangkap setelah sebelumnya harus dilakukan tindakan tegas dan terukur pada kaki tersangka di rest area KM 39 tol Jakarta-Cikampek,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Argo Yuwono, di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (19/03).

Oleh karena itu, kata Tulus, pihaknya menyarankan untuk konsumen perempuan jangan menggunakan taksi online saat sendirian karena risiko tinggi. Sebagai solusi jangka pendek dan menengah, kata Tulus, negara melalui aparat pemerintah melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) agar dibuat regulasi yang tegas yang menjaga agar kepentingan konsumen dan pengusaha (mitra pengemudi) bisa berimbang.

“Ini harus ada intervensi yang tegas dari Kemenhub agar taksi daring menggunakan tanda khusus/stiker untuk badan kendaraan taksi daring. Ini sangat penting untuk melindungi konsumen dan bahkan pengemudinya,” papar Tulus.(rh/fin)

Rekomendasi Berita Terbaru

Populer