Breaking News

Dua Kali Mangkir, Polisi Panggil Lagi Mantan Petinggi PP Pemuda Muhammadiyah

FIN.CO.ID – Mantan petinggi PP Pemuda Muhammadiyah, Ahmad Fanani (Bendahara) dan Irfanus Rasman (Sekjen) dua kali mangkir dari panggilan Ditreskrimsus Polda Metro Jaya. Mereka dipanggil terkait kasus penyelewengan dana kemah dan apel Pemuda Islam pada 2017. Untuk itu Polda Metro akan melayangkan pemanggilan ketiga.

Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya Kombes Adi Deriyan mengatakan penyidik tipikor Ditreskrimsus Polda Metro telah melayangkan surat panggilan kedua terhadap mereka berdua dan untuk yang kedua kalinya juga mereka telah mangkir.

“Ya kita kan saat ini sudah proses penyidikan. Ya kalau nanti dia tidak hadir tanpa alasan yang jelas pada panggilan ketiga ini, ya kita akan hadirkan dengan surat perintah membawa,” kata Adi, Kamis (14/3).

Kendati demikian, Adi mengatakan pemanggilan tersebut masih belum dijadwalkan lebih lanjut karena pihaknya masih fokus juga dengan penghitungan kerugian negara.

“Nanti lah ya, kami masih fokus dalam penghitungan kerugian untuk selanjutnya bisa menetapkan tersangka,” ujar Adi.

Tersangka kasus ini sendiri belum ditetapkan oleh pihak kepolisian meski termasuk kasus yang bergulir lama. Adi menegaskan hal tersebut karena perhitungan kerugian negara sendiri belum final.

“Kita kan menangani kasus harus benar-benar firm benar-benar alat bukti harus kuat. Jadi, penetapan tersangka itu dimunculkan setelah ada wujud penghitungan kerugian negaranya, itu kuncinya. Karena belum final, maka belum belum bisa dipastikan tersangkanya,” kata Adi.

Kendati belum ada tersangka, Adi menegaskan pemeriksaan tetap berjalan pada pihak-pihak yang berkaitan dengan kasus dana kemah tersebut, bahkan hingga “menjemput bola” ke Yogyakarta.

Seperti diketahui, Polda Metro Jaya menduga ada perbuatan melawan hukum pada kegiatan Kemah Pemuda Islam Indonesia yang digelar di pelataran Candi Prambanan, Yogyakarta pada Desember 2017. Polisi mencium aroma korupsi pada kegiatan yang diinisiasi Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) itu.

Sejauh ini, polisi telah memeriksa Dahnil Anzar Simanjuntak, lalu Ketua Kegiatan Kemah Pemuda Islam Indonesia dari Pemuda Muhammadiyah Ahmad Fanani, Ketua Kegiatan dari GP Ansor Safaruddin, dan Abdul Latif dari Kemenpora. (ant/fin)

About Gatot

Check Also

Kejagung Tunggu SPDP Tersangka Kerusuhan

FIN.CO.ID, JAKARTA – Polda Metro Jaya telah menetapkan 257 dari 442 perusuh sebagai tersangka dalam ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!