Breaking News
Bupati Tana Toraja, Nicodemus Biringkanae

Bupati Angkat Diri Sendiri sebagai Plt Kadis, Ditegur, Merasa tak Bersalah

FIN.CO.ID, MAKALE— Bupati Tana Toraja Nico Biringkanae, kukuh mengangkat dirinya sebagai pejabat eselon II. Ia mempertahankan keputusan kontroversialnya itu.

Dia menganggap penunjukan dirinya sendiri sebagai Plt Kadiskes bukan kesalahan atau maladministrasi.
Mantan Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sulsel itu menyebut penentuan pejabat plt kepala Dinas Kesehatan hanya soal figur saja.

“Ini soal penafsiran dan pemahaman saja. Saya mengerti dan tahu aturan,” ujar Nico santai di Kantor Bupati Tana Toraja, Rabu, 13 Maret.

Nico mengaku tak merasa melabrak aturan. Bagaimana dengan surat teguran yang Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) yang dilayangkan ke dia? Nico mengaku belum menerimanya.

Kesalahan surat perintah bupati yang dikeluarkannya untuk penunjukan dirinya sendiri sebagai plt Kadiskes juga dipertanyakannya. Pengisian plt, katanya, tinggal tunggu hari saja.

Keputusannya menjabat plt semata-mata untuk kekosongan saja. Juga untuk menjaga jika ada kejadian luar biasa dalam waktu singkat.

“Tunggu mi saya tunjuk plt dalam waktu yang sesingkat- singkatnya. Toh, kalau ada kekeliruan, kita akan perbaiki sebagaimana mestinya. Yang berikan masukan dan tanggapan, terima kasih,” imbuhnya.

Kepala Badan Kepegawaian Pelatihan SDM Tana Toraja, Joni Tonglo mengakui memang ada surat dari Kemendagri yang isinya evaluasi dan penataan kelembagaan daerah.

Akan tetapi, tidak menyebutkan ada kaitannya dengan polemik SK plt Kadis Kesehatan.

Ia juga belum menerima surat lain yang isinya mempersoalkan SK plt tersebut.
Terkait surat undangan dari Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Kamis, 14 Maret, hari ini, Pemkab Tana Toraja mengutus Sekkab Samuel Tande Bura.

“Saya belum menerima surat lain yang isinya terkait SK plt kadis kesehatan. Yang jelas, surat perintah itu akan segera kita cabut saat nama plt sudah diterima bupati dalam waktu dekat ini,” katanya.
Sebelumnya, Komisioner Komisi

Aparatur Sipil Negara (KASN) I Made Suwandi mengaku telah mengirim surat teguran kepada Bupati Tana Toraja. Isinya, penghentian posisi Nicodemus Biringkanae sebagai plt di jabatan struktural.
(fkt/rif-zuk)

About Afdal

Check Also

Jelang Lebaran, Pemkot Buka Pasar Murah

FIN.CO.ID, BAUBAU – Sudah menjadi agenda rutinitas setiap tahun Pemkot Baubau membuka pasar murah di ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!