Beranda Bola Tak Kunjung Bergabung, Ezra Walian Terancam Dicoret

Tak Kunjung Bergabung, Ezra Walian Terancam Dicoret

FIN.CO.ID, JAKARTA-Sebanyak 27 pemain saat ini mengikuti pemusatan latihan nasional (pelatnas) Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-23 yang dipersiapkan untuk kualifkasi Piala AFC U-23 2020 di Jakarta, Jumat (8/3) kemarin. Skuad Garuda Muda mendapat sejumlah arahan dari head coach Indra Sjafri dalam latihan di Stadion Madya, komplek Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGKB), Senayan, Jakarta.

Indra Sjafri mengaku, memberikan menu latihan teknik dan taktik kepada Witan Sulaeman dan kawan-kawan. Materi latihan teknik dan taktik itu diberikan Indra satu hari sebelum internal game digelar pada Sabtu (9/3) hari ini.

Sejak pelatnas ini dimulai pada Senin (4/3) lalu, Indra hanya memberikan latihan fisik kepada para pemain. Baru Jumat (8/3) kemarin Indra memberikan materi teknik dan taktik, sebelum menjalani internal game pada Sabtu (9/3) hari ini.

Internal game sendiri berpotensi untuk merampingkan skuad Timnas Indonesia U-23. Kemungkinan besar, usai sesi internal game itu akan ada beberapa nama-nama pemain yang akan dicoret. Agenda itu memang digunakan untuk menilai penampilan seluruh pemain usai menjalani sesi latihan selama satu pekan.

“Kebugaran para pemain sudah kembali 100 persen. Oleh sebab itu hari ini kita sudah berlanjut memberikan menu latihan teknik dan taktik,” ungkap Indra usai memimpin latihan Timnas Indonesia U-23, Jumat (8/3) kemarin.

“Besok (Sabtu, hari ini), kita sudah menggelar internal game. Dengan harapan, kita sudah memasuki semua sesi latihan taktik pada pekan depan,” sambung pelatih kelahiran Lubuk Nyiur, Batang Kapas, Pesisir Selatan, Sumatera Barat itu.

Salah satu nama pemain yang kemungkinan besar akan dicoret adalah Ezra Walian. Pemain yang kini merumput di salah satu klub Belanda, RKC Waalwijk itu hingga saat ini belum mengkonfirmasi kehadirannya untuk bergabung ke pelatnas.

Berbeda dengan dua pemain yang juga bermain di klub luar negeri seperti Egy Maulana Vikri (klub Lechia Gdansk, Polandia) dan Saddil Ramdani (Pahang FA Malaysia). Meski keduanya hingga kini belum bergabung ke pelatnas, namun mereka sudah mengkonfirmasi kehadirannya untuk bergabung dalam waktu dekat ini.

Kabarnya, Saddil diperkiraan tiba ke Indonesia pada Jumat (8/3). Sedangkan, Egy telah mengkonfirmasi baru berangkat dari Polandia menuju Tanah Air, 12 Maret 2019, mendatang.

Bahkan, sebelumnya Indra telah memberikan kesempatan terakhir pada Ezra. Menurut Indra, jika Ezra tak juga memberikan kabar atau tidak bergabung ke pelatnas pada pekan ini, dirinya tak segan-segan mencoret namanya.

Namun, hal itu nampaknya urung untuk dilaksanakan oleh Indra mengingat masih ada waktu kurang dari dua pekan menjalani pelatnas ini. Akan tetapi Indra memiliki tantangan untuk Ezra yang jika tiba-tiba memberikan kepastian untuk bergabung ke pelatnas.

Pelatih berkumis tebal itu menegaskan, jika Ezra ikut bergabung ke dalam pelatanas Timnas Indonesia U-23, maka pemain berdarah Belanda itu harus mampu membuktikan kualitasnya lebih baik dari dua striker yang sudah lebih dulu bergabung yakni, Marinus Wanewar dan Dimas Drajad.

“Jadi, untuk Ezra hingga kini memang belum ada surat balasan (atau konfirmasi bergbaung, red). Namun, yang jelas, Ezra harus mampu bersaing dengan striker yang sudah ada di sini karena saya sendiri memang sama sekali belum mengenal sosok Ezra. Dia juga belum pernah masuk rencanan permainan saya,” tegas Indra.

“Jadi, ketika ia bergabung-pun, saya akan lihat statusnya terlebih dahulu. Kalau memang dia (Ezra, red) bisa lebih bagus dari dua penyerang di sini, tentunya saya akan pilih dia, namun sebaliknya, jika tidak (bagus) ya saya tak pilih,” sambungnya.

Skuad Garuda Muda memiliki waktu persiapan yang tak panjang menjelang Kualifikasi Piala AFC U-23 2020. Sebelum bertolak ke Vietnam pada 17 Maret mendatang, pasukan Garuda Muda dijadwalkan bakal melakoni 2 laga uji coba, salah satunya menghadapi Bali United pada 16 Maret 2019, mendatang.

“Jadi kita memang merencanakan dua laga uji coba, salah satunya mungkin dengan tim lokal dari Liga 1, Bali United,” tutur Indra.

Di Kualifikasi Piala AFC U-23, Timnas Indonesia U-23 tergabung di Grup K bersama tuan rumah Vietnam, Thailand, dan Brunei Darussalam. Kebetulan, Vietnam dan Thailand merupakan lawan yang dikalahkan Indonesia di Piala AFF U-22 2019 beberapa waktu lalu.

Pada ajang tersebut, Vietnam berhasil dikalahkan dengan skor 1-0 di semifinal, sedangkan Thailand dengan skor 2-1 di partai final. Pada pertandingan pertama, Garuda Muda akan langsung berhadapan dengan Thailand pada 22 Maret 2019.

Menanggapi hal tersebut, Indra mengaku tak memiliki persiapan khusus untuk menghadapi kedua tim yang dijumpai anak asuhnya di Piala AFF U-22 2019 lalu. Meski demikian, bukan tidak mungkin menurutnya, dirinya dan kedua tim tersebut sudah saling mengetahui kekuatan satu sama lainnya.

“Sudah main dengan mereka. Mereka juga sudah pasti mempelajari (permainan) kita. Jadi apa yang harus di pelajari lagi, iya kan?. Namun, saya meminta bantuan kepada media untuk tidak semua soal taktik ditulis. Hal-hal yang umum saja yang ditulis,” terang Indra.

Sementara itu, dalam latihan pada Jumat (8/3) kemarin, ada pemandangan beda di tengah lapangan. Ya, pemandangan itu hadir dari sosok sang pemain asal Papua, Todd Rivaldo Ferre yang baru mulai bergabung latihan bersama tim.

Meski baru menjalani latihan pada hari kelima ini, namun pemain Persipura Jayapura tersebut bisa menjalani materi latihan yang diberikan oleh sang pelatih dengan cukup baik.

“Hari ini saya baru penyesuaian. Saya terlambat karena ada urusan keluarga dan sudah minta izin ke pelatih. Tidak ada kendala dalam latihan karena di rumah, Jayapura, saya juga berlatih,” tutur Todd Rivaldo.

Meski demikian, Todd Rivaldo mengakui bahwa persaingan dalam skuat Garuda Muda semakin ketat. Ia mengatakan, banyak pemain memiliki kemampuan yang cukup mumpuni dalam pelatnas kali ini. Meski demikian, ia mengaku hal tersebut menjadi motivasi dirinya untuk bisa menujukkan yang lebih baik lagi.

“Pemain-pemain yang dipanggil pelatih memang memiliki kualitas yang sangat bagus. Saya melihat persaingan tim ini jadi semakin ketat. Namun, itu justru menjadi motivasi bagi saya untuk bekerja lebih keras. Saya selalu optimistis bisa masuk dalam skuat timnas,” tukasnya.

Timnas Indonesia U-23 tengah menjalani pelatnas sebagai persiapan menuju kualifikasi Piala U-23 AFC 2020. Kualifikasi kejuaraan sepak bola antar negara Asia paling bergengsi itu rencananya akan mulai bergulir 22-26 Maret 2019 di Hanoi, Vietnam. (gie/fin/wsa)

Baca Juga

Nasib Presiden Barca Ditentukan Akhir September

BARCELONA - Nasib Josep Maria Bartomeu sebagai presiden Barcelona, akan diutentukan akhir bulan nanti, demikian seperti dilaporkan MARCA.  Menurut Media Spanyol, sebuah mosi tidak percaya...

Suarez Pergi, Messi Hancur

BARCELONA - Kepergian Luiz Suarez dari Barcelona ke Atletico Madrid, telah menghancurkan hati Lionel Messi, eks rekannya di Camp Nou.  Menurut Messi, apa yang dilakukan...

Chelsea 6-0 Barnsley: Pentas Havertz

LONDON — Chelsea menggasak Barnsley setengah lusin gol untuk lolos ke babak 16 besar Carabao Cup. Kai Havertz menjadi pahlawan kemenangan The Blues dengan...

Ibrahimovic Positif COVID-19

MILAN - Zlatan Ibrahimovic positif COVID-19, demikaian seperti umumkan AC Milan dalam penyataan resmi klub.  Menurut media Italia,  eks penyerang PSG itu didapati positif terpapar...

Alasan Suarez Gabung Atletico Madrid

MADRID - Luis Suarez meninggalkan Barcelona dengan status bebas transfer, dan telah meneken kontrak untuk dua musim ke depan. Kendati tidak masuk dalam rencana masa...

Berita Terbaru

Tiba-tiba Sulit Bicara, Awas Stroke Ringan

JAKARTA - Tiba-tiba kehilangan kemampuan Anda untuk berbicara? Awas, salah satu ciri dari mini stroke atau stroke ringan.  Menurut ahli, setelah terjadinya stroke ringan, pasien...

Keren, Ini Mural Chadwick Boseman yang Diresmikan Disneyland

JAKARTA - Untuk mengenang sekaligus sebagai penghormatan terakhir terhadap Chadwick Boseman, Disneyland baru saja meresmikan mural yang menampilkan wajah bintang Black Panther itu. Diletakkan di...

Usai Celana Dalam, Kini Bra Dinar Candy Ditawar dengan Harga Super Fantastis

JAKARTA - DJ seksi Dinar Candy menjadi perbincangan hangat usai dirinya menjual celana dalam bekasnya yang laku seharga Rp50 juta beberapa waktu lalu. Mengetahui celana...

Nasib Presiden Barca Ditentukan Akhir September

BARCELONA - Nasib Josep Maria Bartomeu sebagai presiden Barcelona, akan diutentukan akhir bulan nanti, demikian seperti dilaporkan MARCA.  Menurut Media Spanyol, sebuah mosi tidak percaya...

Suarez Pergi, Messi Hancur

BARCELONA - Kepergian Luiz Suarez dari Barcelona ke Atletico Madrid, telah menghancurkan hati Lionel Messi, eks rekannya di Camp Nou.  Menurut Messi, apa yang dilakukan...

Infografis: Media Paling Ideal Untuk Kampanye

JAKARTA - Dalam PKPU muncul larangan rapat umum dengan jumlah besar. Jika tidak mengindahkan aturan yang ada, maka akan ada sanksi bagi pasangan calon....

SuperM Rilis Album Perdana Sekaligus MV One (Monster & Infinity)

JAKARTA - SuperM resmi merilis full album perdana bertajuk Super One pada hari ini, Jumat (25/9/2020). Launching album tersebut ditandai dengan perilisan movie video...

Bergabung bersama kami

Dapatkan update berita terbaru setiap hari dengan mudah

Nusantara

Penerapan Protokol Kesehatan Para Pengguna Jalan

WONOSOBO - Perkembangan jumlah kasus positif COVID-19 di Kabupaten Wonosobo telah memasuki minggu ke 39, dengan angka terakhir secara kumulatif mencapai 487 pasien terkonfirmasi...

ASN Sendiri Jadi Prioritas Isi Kekosongan Jabatan 

PANGKALPINANG - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) mencatat terhitung triwulan ketiga tahun 2020 hingga akhir 2021 jumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) yang akan...

News

Telkom Dukung Pertamina Genjot Digitalisasi SPBU di Seluruh Indonesia

JAKARTA– Dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, PT Pertamina (Persero) bekerjasama dengan PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) mengimplementasikan program digitalisasi SPBU di seluruh...

Kegiatan RJIT Ditjen PSP Kementan Bantu Petani di Cirebon

CIREBON – Kegiatan Rehabilitasi Jaringan Irigasi Tersier (RJIT) yang dilakukan Ditjen Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementerian Pertanian, sangat dirasakan manfaatnya oleh petani di...

Brantas Abipraya Percantik Labuan Bajo, Bakal Jadi Waterfront City

JAKARTA– PT Brantas Abipraya (Persero) yang merupakan salah satu perusahaan konstruksi milik negara ini menunjukkan komitmennya sebagai BUMN yang selalu berkarya untuk negeri. Kali...