Hari Perempuan Internasional, 16 Perempuan Akan Terima Penghargaan

    FIN.CO.ID – Sekretaris Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Pribudiarta Nur Sitepu mengatakan Presiden Joko Widodo akan memberikan penghargaan kepada 16 perempuan dalam rangka peringatan Hari Perempuan Internasional di Istana Presiden, Rabu (06/03) besok.

    “Presiden akan memberikan apresiasi kepada 16 perempuan yang bergerak di akar rumput pada 12 area kritis Platform Aksi Beijing,” kata Pribudiarta di Jakarta, Selasa (05/03). Pribudiarta mengatakan 12 area kritis tersebut merupakan isu yang selalu menjadi perhatian dalam pemberdayaan dan perlindungan perempuan berdasarkan komitmen internasional, yaitu Platform Aksi Beijing.

    Platform Aksi Beijing disepakati pada 1995, menetapkan aksi-aksi penting yang diperlukan untuk memastikan kesetaraan dan kesempatan yang sama bagi perempuan dan laki-laki. Area kritis Platform Aksi Beijing adalah perempuan dan kemiskinan, pendidikan dan pelatihan bagi perempuan, kesehatan perempuan, kekerasan terhadap perempuan, perempuan dan konflik bersenjata, dan perempuan dan perekonomian.

    Kemudian, perempuan dalam kekuasaan dan pembuatan keputusan, mekanisme institusional, hak asasi perempuan, perempuan dan media, perempuan dan lingkungan, dan anak perempuan. Pribudiarta mengatakan 16 perempuan yang akan mendapatkan penghargaan itu diusulkan oleh beberapa pemangku kepentingan pemberdayaan dan perlindungan perempuan. “Ada usulan dari Kementerian Pemberdayan Perempuan. Ada juga usulan dari Kantor Staf Kepresidenan, Komnas Perempuan, KPAI dan lain-lain,” jelasnya.(rh/fin)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here