Dahnil Anzar: Jokowi Juga Harus Minta Erick Thohir dan Luhut untuk Kembalikan Tanah ke Negara

Dahnil Anzar (dok FIN/Istimewa)

FIN.CO.ID, Jakarta- Koordinator Juru Bicara Prabowo-Sandi, Dahnil Anzar Simanjuntak, meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk membuat payung hukum terkait konsesi tanah yang dikuasai oleh segilintir orang termasuk Prabowo Subianto.

Pernyataan ini, sebagai jawaban atas sindiran Jokowi terhadap tanah milik Prabowo. Seperti kabar yang beredar, bukan saja, Prabowo Subianto yang memiliki tanah di Kalimantan dan Sumatera, namun juga terdapat beberapa pejabat yang kini menjadi bagian dari Tim Pemenang Jokowi-Maruf.

“Pak Prabowo sepakat dan ikhlas seperti beliau sampaikan di debat bila demi negara dan rakyat. Ayo Pak Jokowi dibuat perangkat hukumnya, semua tanah-tanah konsesi yang dikuasai Sinar Mas, Wilmar, Erick Thohir, Luhut dan lain-lain, bisa dikembalikan kepada Negara, segera dan bisa dibagikan kepada rakyat,” kata Dahnil melalui akun twitternya, yang dilihat FIN pada Senin (25/2).

Dahnil mengatakan, Prabowo sebelumnya telah bersedia untuk mengembalikan tanahnya ke negara, di Debat Capres beberapa waktu lalu. Tinggal yang diteken Jokowi, adalah Peraturan Perundang-undangannya (perpu) terkait konsesi tanah yang dimaksud.

Sebab, kata Dahnil, bukan saja Prabowo yang memiliki tanah dengan ribuan hektar, namun ada juga Erick Thohir, Luhut Binsar Panjaitan, dan Hari Tanoe serta Sinar Mas

“Pak Jokowi tinggal datang dan sampaikan kepada Pak Prabowo, negara sangat membutuhkan, dan siapkan perangkat hukumnya. Perpu atau apa saja, saya yakin orang-orang seperti mas Erickthohir , Luhut, Hari Tanoe, Sinar Mas, juga Pak Jokowi datangi dan minta mereka serahkan kepada negara,” kata Dahnil.

Sebelumnya, Jokowi menyindir Prabowo soal janjinya unutk mengembalikan 340 ribu hektar lahan Hak Guna Usaha (HGU), yang dikuasainya di Aceh Tengah dan Kalimantan Timur. Jokowi mengatakan, ia menunggu janji tersebut, untuk dibagikan ke rakyat kecil

“Saya tunggu, saya tunggu, saya tunggu, sekarang dan akan saya bagikan untuk rakyat kecil karena masih banyak rakyat yang membutuhkan,” kata Jokowi dalam pidato pada acara “Konvensi Rakyat: Optimis untuk Indonesia Maju” di Sentul International Convention Center (SICC), Kabupaten Bogor, Jabar, Ahad (24/2) malam. Pernyataan Jokowi tersebut, disambut riuh oleh pendukungnya. “balikin, balikin,” kata pendukung Capres 01 ini. (dal/fin)