Bukan S1, tak Bisa Daftar PPPK

FIN.CO.ID, PURWOKERTO– Setelah turun surat kemenpan RB tentang Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), kini muncul masalah baru bagi para peserta.

Terutama untuk honorer k2 guru. Pasalanya, masih terdapat guru yang belum berijazah s1. Sehingga banyak yang gagal login.

Wakil Ketua Honorer K2 Banyumas Tusti Winarni mengatakan, dari pendaftaran yang berakhir hari ini, ternyata banyak teman-teman honorer K2 dari guru yang tidak bisa login. Hal tersebut lantaran belum memiliki ijazah S1.

“Syaratnya S1, kalau belum S1 tidak bisa login,” terangnya.

Padahal, lanjut dia dari guru-guru yang belum berijazah S1, rata-rata mereka sedang menempuh pendidikan S1. Karena sebelumnya ijazah mereka baru D2 dan D3 saja.

“Karena ini, kami akan meminta kebijakan dari bupati Banyumas. Khusunya bagi teman-teman guru yang belum memiliki ijazah S1,” jelasnya.

Dalam permenpan RB tersebut, dijelaskan mengenai kualifikasi pendidikan terendah untuk masing-masing formasi. Guru paling rendah S1.

Tenaga kesehtaan paling rendah D III bidang kesehatan, kecuali untuk jabatan epide ilog, entomolog, administrator kesehatan, dan pratana laboratorium kesehatan mempunyai kualifikasi pendidikan D-III/S-1 Kimia/Biologi.

Sedangkan untuk penyuliuh pertanian paling rendaha SMK Bidang pertanian (rumpun ilmu hayat pertanian) SMA plus sertifikat di bidang pertanian.

Mengenai berapa total guru yang bisa terdaftar, Tusti belum bisa memberikan angka pasti. Karena saat ini, internal honorer K2 khususnya guru sedang melakukan pendataan.

“Kemungkinan, besok (hari ini_red) sudah terekap semua,” ucapnya.

Menurutnya, dalam pertemuan dengan bupati tersebut nantinya tidak hanya akan membahas permasalahan mengenai persyaratan ijazah S1. Namun juga permasalahan lain, seperti passing grade. Jika sesuai jadwal tanggal 23 Februari nanti akan dilakukan tes, diharapkan tidak ada passing grade.

“Harapan kami seperti itu. Yang jelas sebelum tes, nantinya kami akan menemui bupati kembali,” jelasnya. (ida)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here