Putra Mahkota Arab Saudi Temui Jokowi, Polda Metro Siapkan 3 Ring Pengamanan

    FIN.CO.ID, Jakarta– Sebanyak 307 personel Polda Metro Jaya akan mengawal kedatangan Putra Mahkota Kerajaan Arab Saudi Pangeran Mohammed bin Salman (MBS) pada Senin (18/2) depan.

    Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo menyebut, para personel akan mengamankan setiap objek kunjungan dan lalu lintas.

    “Intinya, kita sudah melakukan segala persiapan-persiapan komprehensif. Dan pengamanan ini kita serahkan ke Polda Metro, yang akan bekerja sama dengan Kodam, dan Paspampres, ini pengamanan VIP,” kata Dedi di Mabes Polri, Jaksel, Jumat (15/2).

    Terkait pola pengamanan yang akan digunakan oleh personel ini, diakui Dedi, nantinya akan dibagi menjadi empat lapis (ring).

    “Ring satunya dalam hal ini pihak Kodam Jaya, dengan tim dari Paspampres. Sedangkan Polri, ada di ring 2, 3, dan 4,” terang jenderal polisi bintang satu tersebut.

    Meski demikian, sambung Dedi, hingga kini Polri belum menerima atensi khusus dari aparat keamanan Saudi Arabia dalam prosedur pengawalan putra makhotanya tersebut.

    “Belum ada, tapi diminta atau tidak itu merupakan satu kewajiban kami mengawal tamu negara,” ucapnya.
    Diketahui, Pangeran Mohammed bin Salman (MBS) dilaporkan akan mengunjungi Jakarta selama dua hari.

    Selain MBS, delegasi ini juga membawa Wakil Perdana Menteri, Menteri Pertahanan, Kepala Dewan Ekonomi dan Pembangunan, Kepala Dewan Politik dan Keamanan Arab Saudi.

    Indonesia merupakan satu dari empat negara Asia yang akan dikunjungi Pangeran Salman. Tiga negara lainnya yang juga akan dikunjungi Pangeran MBS, seperti dilansir media lokal english.alarabiya.net, adalah Pakistan, India, dan Malaysia.

    “Memang ada rencana, tapi sekarang kita sedang terus berkomunikasi. Jadi, dititik ini saya belum dapat untuk mengkonfirmasikan lagi,” ujar Menteri Luar Negeri Retno Marsudi di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Rabu (13/2) lalu.

    Retno mengakui, pihaknya belum mengkonfirmasikan jadwal pasti kedatangannya tersebut, meski pengamanan sudah dilakukan.

    “Komunikasi ada, tetapi kita belum waktunya menyampaikan konfirmasi. Komunikasi terus kita lakukan,” tandasnya. (mhf/fin/tgr)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here