Breaking News

Pemilu 2019, IPI Larang Anggotanya Golput

FIN.CO.ID – Ikatan Pesantren Indonesia (IPI) melarang anggota dan pengurusnya golput atau tidak menggunakan hak pilihnya di Pemilihan Umum 2019.

“Jangan ada yang golput pada Pemilu Legislatif maupun Pemilu Presiden,” ujar ketua umum DPP IPI KH Zaini Ahmad di acara pra Rakernas IPI di Surabaya, Kamis (14/02). Menurut dia, penggunaan hak pilih merupakan bentuk pertanggungjawaban sebagai warga negara yang baik memilih calon pemimpin negeri ini.

Disinggung dukungan IPI di Pemilihan Presiden, dia menyampaikan bahwa secara organisasi tidak mendukung salah satu pasangan calon presiden. “Pilihan diserahkan sepenuhnya pada masing-masing individu. Karena itu merupakan hak politik dan IPI tak berpolitik praktis,” ucapnya.

Kendati demikian, organisasi tak mempermasalahkan anggota atau pengurus mendukung salah satu pasangan calon tertentu, asalkan dilakukan individu dan tak membawa nama IPI. Siapapun Presiden terpilih nantinya, IPI akan mengawal beragam program pemerintah yang berpihak pada kemajuan umat, sekaligus akan memberi masukan agar pesantren bisa semakin berdaya saing.

Sementara itu, Rakernas IPI digelar 14-16 Februari di Surabaya yang salah satu agendanya adalah evaluasi kepemimpinan Presiden Joko Widodo. Pemilihan Presiden diselenggarakan pada 17 April 2019 dan diikuti dua pasangan calon, yaitu Jokowi-KH Ma’ruf Amin di nomor urut 01, kemudian Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di nomor urut 02.(rh/fin)

About Rizal

Check Also

KPU: Stop Klaim Kemenangan

FIN.CO.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengimbau kepada kedua kubu pasangan calon presiden-wakil presiden untuk ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
error: ga boleh copy paste boss