Ketika Hafiz Difabel asal Sulbar Diundang ke Jakarta Temui JK

    Fahrul saat diundang khusus bertemu Jusuf Kalla (Fajar)

    FIN.CO.DI, Jakarta- Posisi duduk Fahrul Rasyid Amin (12) sangat dekat dengan Jusuf Kalla, Wapres RI itu. Hanya diantarai sebuah meja kecil yang lebih dempet ke arah JK.

    Lantunan ayat-ayat Alquran menggema. Surat An-Naba. JK takjub. Dimintanya Fahrul menambah ayat lagi. Surat Yusuf dan Yasin.

    Secara khusus, orang nomor dua di Indonesia itu menerima Fahrul, sang hafiz disabilitas itu, di rumah dinasnya di Jl Diponegoro, Jakarta Pusat, Minggu, 10 Februari. Didampingi sang ayah, Muhammad Amin.

    Beberapa hari ini, bocah asal Dusun Palapi, Desa Lamba-lamba, Kecamatan Panggale, Kabupaten Mamuju Tengah, Sulbar itu, memang menyita perhatian. Meskipun tunanetra, dia sudah bisa menghafal 30 juz Alquran.

    JK menyampaikan rasa kagum dan terpesona atas kemampuan anak pasangan Muhammad Amin dan Surapati itu menghafal Alquran. Di usianya yang baru 12 tahun itu. Pun dengan kondisi keterbatasan fisik.

    “Anak yang dapat hidayah bisa begitu. Secara ilmiah kan tidak bisa dijelaskan bagaimana anak yang hanya mendengar, bisa hafal 30 juz hanya dalam 1 tahun lebih,” tutur JK.

    Menghafal Alquran tentu tidak gampang. Apalagi, yang dihafal itu bukan bahasa sehari-hari. Melainkan bahasa Arab. Artinya, sangat tak familiar dengan lingkungan.

    Ayah Fahrul, Muhammad Amin menceritakan, anak keduanya itu belajar menghafal Alquran sendiri. “Tidak dengan guru atau ustaz,” katanya kepada Jawa Pos (grup FAJAR) usai bertemu JK.

    Setiap hari, Fahrul mendengarkan Alquran melalui handphone. Kegiatan itu dia lakukan terus sambil menghafalnya.

    Jumat, 8 Februari, Fahrul dan keluarganya juga bertemu Wakil Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) sekaligus Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Syafruddin.

    Kebetulan, Syafruddin juga memiliki kekerabatan di Sulbar, daerah asal Fahrul. Dari pertemuan tersebut, Fahrul dan keluarganya rencananya akan diberangkatkan umrah. (wan/fajar/fin)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here