Mamuju Diguncang Gempa 4,9 SR

FIN.CO.ID – Gempa bumi tektonik berkekuatan 4,9 skala richter (SR) berpusat 36 Kilometer Barat Daya Kecamatan Tapalang Barat mengguncang wilayah kota Mamuju, ibukota Provinsi Sulawesi Barat, Rabu (06/02).

“Gempa terasa kuat getarannya, sehingga orang yang berada di kantor DPRD Sulbar berlarian keluar meninggalkan gedung, ke halaman kantor DPRD Sulbar,” kata salah seorang staf DPRD Sulbar, Usman, di Mamuju, Rabu (06/02).

Ia mengatakan, sejumlah masyarakat di kota Mamuju panik dan keluar rumah ketika merasakan getaran gempa. Hasil analisis Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukkan informasi awal episenter gempabumi berkekuatan 4,9 magnitodo ini, terletak pada koordinat 2.96 lintang selatan dan 118.52 bujur timur. Tepatnya berlokasi di laut pada jarak 36 Kilometer Barat Daya Kecamatan Tapalang Barat, Kabupaten Mamuju, pada kedalaman delapan kilometer.

Dengan memperhatikan lokasi dan kedalaman hiposenter, tampak bahwa gempabumi ini termasuk dalam klasifikasi gempabumi dangkal akibat aktivitas patahan naik Selat Makassar yang berdekatan dengan pusat epicenter.

Berdasarkan laporan masyarakat, gempabumi ini dirasakan di Mamuju IV MMI, di kabupaten Majene, Wonomulyo, Polewali, Campalagian Kabupaten Polman dan Kecamatan Kalukku Kabupaten Mamuju.

“Hasil permodelan menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi tsunami dan kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” kata kepala BMKG wilayah IV Makassar, Joharman.(rh/fin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here