Trump Calonkan Orang Ini untuk Pimpin Bank Dunia

David Malpass

FIN.CO.ID – Presiden AS Donald Trump diperkirakan akan memilih David Malpass, wakil menteri untuk urusan internasional di Departemen Keuangan AS, sebagai calon AS untuk memimpin Bank Dunia.

Pemerintahan Trump berencana mengumumkan pemilihannya pada Rabu (06/02). Sebelum bergabung dengan pemerintahan, Malpass adalah penasihat ekonomi Trump selama kampanye presiden 2016. Dia sebelumnya menjabat sebagai kepala ekonom di bank investasi Bear Stearns.

Bank Dunia bulan lalu menguraikan proses seleksi bagi presiden berikutnya untuk menggantikan Jim Yong Kim, yang tiba-tiba mengumumkan pengunduran diri lebih awal dari bank pembangunan multilateral tersebut, efektif sejak 1 Februari.

Nominasi untuk presiden berikutnya akan diajukan antara 7 Februari hingga 14 Maret, menurut Bank Dunia. Dewan direksi eksekutif bank bertujuan untuk memilih presiden baru sebelum pertemuan musim semi pada April. Sejak berdirinya Bank Dunia pada tahun 1944, semua presidennya telah dinominasikan oleh Amerika Serikat. (rh/fin)