Nyebrang ke Pulau Seribu, FIKOM UMB Gelar Workshop

Salah satu dosen FIKOM UMB saat menularkan ilmu kepada siswa siswi SMAN 69 Jakarta, Senin (4/2). Foto: FIKOM UMB for Fajar Indonesia Network

FIN.CO.ID-Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana Jakarta (FIKOM UMB) menggelar workshop dan pelatihan di kawasan Kepulauan Seribu, Jakarta, Senin (04/02). Workshop dan pelatihan ini berpusat di SMAN 69 Jakarta yang berlokasi di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu.

Selain sebagai bentuk pengabdian pada masyarakat, kegiatan ini juga dilaksanakan dalam rangka mendukung pembangunan masyarakat maritim Indonesia, khususnya di Provinsi DKI Jakarta.

”Program pengabdian pada masyarakat ini adalah sebagai bentuk dedikasi kami sebagai Dosen, dan kami ingin membaginya kepada masyarakat. Kami ingin masyarakat mendapatkan ilmu, pengetahuan, dan keterampilan dalam bidang komunikasi, khususnya dalam upaya mengembangkan potensi pariwisata maritime,” Koordinator Workshop dan Pelatihan Yuni Tresnawati di lokasi acara.

Menurutnya, kegiatan ini cukup relevan, mengingat Kepulauan Seribu memiliki potensi pariwisata maritim yang tinggi. ”Selain itu dengan adanya media baru yang telah membawa pengaruh pada pola kehidupan masyarakat, budaya, dan hampir segala aspek kehidupan manusia, termasuk dalam aktivitas komunikasi mereka,” katanya lagi.

Program yang diikuti sekitar seratus peserta ini terbagi menjadi beberapa kelompok masyarakat, yang terdiri dari beberapa topik unggulan. Di antaranya Keterampilan Komunikasi Pariwisata, Jurnalistik, Media Digital, Konten Promosi Pariwisata, dan Media Baru.

Pihak SMAN 69 Jakarta menyambut baik kegiatan pengabdian masyarakat ini. Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMAN 69 Jakarta Fitria Gustina menilai, kegiatan sangat bagus untuk perkembangan dunia pendidikan di Kepulauan Seribu.

”Siswa-siswi dan masyarakat mendapat tambahan ilmu dan motivasi untuk mengembangkan potensi maritim di wilayah Kepulauan Seribu,” kata Fitria.

Kegiatan positif Fikom UMB ini juga diapresiasi Pemkab Kepulauan Seribu. Bupati Husein Murad berharap kegiatan tersebut sesering mungkin dilakukan di Kepulauan Seribu. (wsa/fin)